NATO Siaga Teroris Bikin Otonomos seperti Google

Kompas.com - 03/05/2016, 11:56 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Brussels, KompasOtomotif — Alarm yang sudah dibunyikan sejak tahun lalu tentang kemampuan sindikat penyebar teror merangkai “bom bunuh diri” menggunakan teknologi otonomos kini kembali berdering. Ancaman makin serius sebab yang bicara sekarang bukan lagi para pengamat keamanan, melainkan sudah sekelas North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Dr Jamie Shea, Deputy Assistant Secretary General for the Emerging Security Challenges Division of NATO, memaparkan, tim riset dan pengembangan Islamic State of Irak and Syria (ISIS) yang terletak di Suriah, sudah bisa merancang mobil yang bisa bergerak sendiri menuju lokasi target.

khaleejtimes.com Mobil Otonomos Google dipaksa punya kemudi dan pedal.
Informasi itu dibeberkan Shea saat jadi pembicara dalam acara Security & Counter Terror Expo yang digelar di London, jelas Daily Express, Sabtu (30/5/2016).

“Bukan cuma Google yang memproduksi mobil otonomos, ISIS juga mencoba melakukan hal yang sama,” ucap Shea.

Divisi Emerging Security Challenges telah terbentuk sejak 2010. Program ini bertujuan untuk berhadapan langsung dengan ancaman non-tradisional, senjata pemusnah massal, ketahanan maya, dan keamanan energi.

Otonomos jelas menguntungkan buat ISIS. Alasan pertamanya yaitu tidak perlu lagi ada usaha perekrutan relawan yang mau menekan tombol untuk ledakan bom ketika sudah berada di dekat target.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Autoblog


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.