Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Srikandi dari Pertamina : Jangan Batasi Diri Karena Gender

Kompas.com - 21/04/2016, 21:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kartini jadi simbol betapa perempuan punya potensi yang sama besar dengan laki-laki. Meski sudah tiada, kartini-kartini muda terus lahir dan tumbuh menjadi sosok perempuan modern sukses dan tangguh, serta tidak takut bersaing dengan para lelaki.

Seperti Wianda Pusponegoro salah satunya. Mengemban tugas menjadi Vice President Corporate Communication Pertamina, tidak membuat wanita ini gentar. Profesionalitas selalu ia kedepankan demi hasil yang maksimal.

Kata “cengeng” nampaknya juga tidak ada di dalam kamus bekas reporter salah satu media swasta ini. Semenjak jadi reporter, dirinya mengaku lebih suka liputan lapangan dengan kondisi ektrim, yang umumnya ditakutkan para wanita lain. Tangguh.

“Kita jangan mengotakkan diri kita sebagai seorang perempuan, jika memang ingin berkarir, tetapkan diri kita untuk menjadi profesional. Meski ada yang menganggap remeh, biar nanti hasil karya yang akan menjawabnya,” ujar Wianda kepada KompasOtmotif, Kamis (21/4/2016).

Tanpa Batasan

Memiliki anak perempuan, tidak membuat orang tua Wianda memberi banyak batasan. Wianda dibebaskan untuk melakukan kegiatan positif apapun, meski hal tersebut jarang diakukan perempuan. Ini yang jadi bekal dirinya menjelajah dunia karir yang jadi keinginannya.

“Dari sejak kecil keluarga saya tidak pernah memberi batasan-batasan kepada saya, termasuk yang terkait dengan gender. Belajar naik sepeda ya naik sepeda, belajar main bola ya main bola, bahkan manjat genteng dan main layanganpun saya lakukan, jadi apa yang saya ingin kerjakan saya kerjakan, dan itu berbuah hingga saat ini,” ujar wanita lulusan Hubungan International Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini.

“Selain itu, orang tua saya selalu mengajarkan untuk bersikap jujur dan berupaya sekeras  mungkin untuk tidak bergantung pada orang lain. Lebih baik kelaparan daripada harus hutang,” tutur Wianda.

Keluarga dan Karir

Keluarga kerap jadi alasan kaum wanita untuk membatasi dunia karirnya. Namun hal ini tidak dilakukan sang Srikandi dari Pertamina, Wianda. Keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan kelurga, jadi kunci untuk bisa meraih apa yang dirinya cita-citakan.

“Karena intinya berkomunikasi dan bisa menjaga kepercayaan suami ketika saya bekerja. Saya harus benar-benar bisa menghasilkan yang terbaik untuk diri saya dan orang di sekitar saya. Nampaknya saya juga beruntung mendapat suami yang pengertian,” ujar ibu dua anak ini.

“Komunikasi dengan anak juga sampai saat ini berjalan baik, mereka memaklumi mamahnya yang senang akan pekerjaaannya. Jadi saya bersyukur semua berjalan seimbang,” tutur Wianda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com