Srikandi dari Pertamina : Jangan Batasi Diri Karena Gender

Kompas.com - 21/04/2016, 21:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kartini jadi simbol betapa perempuan punya potensi yang sama besar dengan laki-laki. Meski sudah tiada, kartini-kartini muda terus lahir dan tumbuh menjadi sosok perempuan modern sukses dan tangguh, serta tidak takut bersaing dengan para lelaki.

Seperti Wianda Pusponegoro salah satunya. Mengemban tugas menjadi Vice President Corporate Communication Pertamina, tidak membuat wanita ini gentar. Profesionalitas selalu ia kedepankan demi hasil yang maksimal.

Kata “cengeng” nampaknya juga tidak ada di dalam kamus bekas reporter salah satu media swasta ini. Semenjak jadi reporter, dirinya mengaku lebih suka liputan lapangan dengan kondisi ektrim, yang umumnya ditakutkan para wanita lain. Tangguh.

“Kita jangan mengotakkan diri kita sebagai seorang perempuan, jika memang ingin berkarir, tetapkan diri kita untuk menjadi profesional. Meski ada yang menganggap remeh, biar nanti hasil karya yang akan menjawabnya,” ujar Wianda kepada KompasOtmotif, Kamis (21/4/2016).

Tanpa Batasan

Memiliki anak perempuan, tidak membuat orang tua Wianda memberi banyak batasan. Wianda dibebaskan untuk melakukan kegiatan positif apapun, meski hal tersebut jarang diakukan perempuan. Ini yang jadi bekal dirinya menjelajah dunia karir yang jadi keinginannya.

“Dari sejak kecil keluarga saya tidak pernah memberi batasan-batasan kepada saya, termasuk yang terkait dengan gender. Belajar naik sepeda ya naik sepeda, belajar main bola ya main bola, bahkan manjat genteng dan main layanganpun saya lakukan, jadi apa yang saya ingin kerjakan saya kerjakan, dan itu berbuah hingga saat ini,” ujar wanita lulusan Hubungan International Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini.

“Selain itu, orang tua saya selalu mengajarkan untuk bersikap jujur dan berupaya sekeras  mungkin untuk tidak bergantung pada orang lain. Lebih baik kelaparan daripada harus hutang,” tutur Wianda.

Keluarga dan Karir

Keluarga kerap jadi alasan kaum wanita untuk membatasi dunia karirnya. Namun hal ini tidak dilakukan sang Srikandi dari Pertamina, Wianda. Keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan kelurga, jadi kunci untuk bisa meraih apa yang dirinya cita-citakan.

“Karena intinya berkomunikasi dan bisa menjaga kepercayaan suami ketika saya bekerja. Saya harus benar-benar bisa menghasilkan yang terbaik untuk diri saya dan orang di sekitar saya. Nampaknya saya juga beruntung mendapat suami yang pengertian,” ujar ibu dua anak ini.

“Komunikasi dengan anak juga sampai saat ini berjalan baik, mereka memaklumi mamahnya yang senang akan pekerjaaannya. Jadi saya bersyukur semua berjalan seimbang,” tutur Wianda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.