Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Dorong Investor Jepang Gandeng Produsen Lokal

Kompas.com - 12/04/2016, 18:19 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Gelombang investasi otomotif di Indonesia belakangan ini kebanyakan berasal dari perusahaan otomotif Jepang. Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, Selasa (12/4/2016), ingin mendorong mereka bekerja sama dengan industri komponen lokal.

“Saat ini dengan banyaknya investasi pabrikan, misalnya Toyota, rencana investasi mereka Rp 20 triliun setiap tahun secara bertahap. Misalnya lagi Mitsubishi yang sedang membangun pabrik, itu kan investasi cukup besar hampir Rp 6 triliun. Belum lagi Wulling  Rp 11 triliun. Ini nanti 2017 mulai produksi semua,” papar Husin saat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS), di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Investasi datang terus-menerus dan terus mengembangkan produksi dalam negeri, tapi, kata Husin, itu juga butuh industri komponen.

“Saat ini yang kami minta kan, karena kebanyakan dari Jepang, ya kami minta mereka terus masuk tapi juga ada yang mungkin kita dorong bekerja sama dengan industri komponen dalam negeri biar tidak mati,” papar Husin.

Husin menjelaskan saat ini pemerintah terus mendorong agar usaha otomotif di Indonesia bisa berkembang dengan memberikan berbagai kebijakan fiskal dan non-fiskal sebagai bagian dari insentif kepada para pelaku usaha termasuk dari industri komponen.

Kondisi industri komponen dalam negeri saat ini masih mengandalkan impor sebab jumlah pemain lokal hanya sekitar 1.000 perusahaan, sementara Thailand sebagai negara dengan produksi mobil tertinggi di Asia Tenggara, sudah mencapai 2.500 – 3.000 perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com