Kompas.com - 03/04/2016, 10:01 WIB
CBR500R yang sedang di tes dyno di Sportisi Motorsport. Ghulam/KompasOtomotifCBR500R yang sedang di tes dyno di Sportisi Motorsport.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Puas mengendarai produk moge baru Honda CBR500R di jalanan Ibu Kota, kali ini saatnya mengetahui performa. Ketimbang mengandalkan pola pengukuran perasaan, lebih baik performa moge ini dites pakai alat, Dynojet, jadi valid.

Pengujian Dynotest akhirnya, lKompasOtomotif akhirnya merencanakan untuk mengujinya, dengan perlengkapan Dynojet, atau biasa disebut tes Dyno (dynotest). Sempat memikirkan beberapa lokasi pengetesan, akhirnya pilihan sampai di workshop Sportisi Motorsport, yang juga salah satu bengkel authorize dynojet tunner langsung dari Amerika.

Disambut hangat oleh sang pemilik bengkel, Bramantio, CBR500R milik Honda kemudian dibawa masuk lansung ke ruang tes. Bramantio ternyata juga merupakan biker senior yang punya hobi touring dan pecinta moge Jepang.

Ghulam/KompasOtomotif Power CBR500R dari hasil tes dyno.

Performa

Setelah masuk ke ruangan uji dan perlengkapan tes Dyno sudah terhubung sempurna dengan sepeda motor, saatnya menggeber kemampuan moge milik Honda ini. Pengujian hanya meliputi tiga komponen, di antaranya tenaga, torsi dan top speed (kecepatan tertinggi).

Honda CBR500R mulai dinyalakan, kemudian moge digeber mulai dari masuk gigi satu, hingga puncak transmisi di posisi enam. Setelah beberapa kali pengujian, akhinya simpulan data akhir didapatkan.

Untuk torsi, hasil tes dyno moge Honda ini ada di angka 39,00 Nm @6.500 rpm sampai @7.000 rpm (@6.659rpm). Sementara data spesifikasi pabrikan 44,5 NM @7.000 rpm.

Ghulam/KompasOtomotif Torsi CBR500R dengan tes dyno di Sportisi Motorsport.

Kemudian tenaga maksimal, Honda CBR500R bisa menyemburkan 43,04 tk pada kisaran 8.444 rotasi per menit (rpm). Angka ini lebih rendah kurang lebih 4 tk dibanding dengan spesifikasi yang dirilis Honda (46,9 tk)

Terakhir untuk top speed, dari data yang dicatat oleh hasil tes, sepeda motor ini bisa melesat sempurna sampai titik 172,77 kmj. Pada grafik top speed, CBR500R punya garis menanjak yang lurus dan sempurna. Bisa dikatakan untuk mencapai titik puncak, sepeda motor ini bisa melakukannya dengan baik.

Ghulam/KompasOtomotif Angka max speed dari CBR500R di dyno test.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X