Seharusnya Indonesia Terapkan Emisi Euro IV

Kompas.com - 31/03/2016, 10:41 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Regulasi mengenai standar emisi gas buang Euro IV telah disepakati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Jika draft-nya sudah selesai ditandatangani, maka mulai diberlakukan pada 2018 untuk mobil baru dan 2020 pada kendaraan yang sedang berjalan teknologinya.

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, Indonesia sudah seharusnya punya standar emisi Euro IV. Sebab, ke depan teknologi yang diterapkan pada kendaraan semakin modern.

“Kalau kita pasti mendukung, karena memang seharusnya seperti itu,” kata Henry di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Henry melanjutkan, dengan standar yang lebih tinggi, mobil yang beredar di jalanan pun tidak akan memberikan polusi yang tinggi. Sebab, emisi gas buangnya lebih bagus.

“Sudah pasti Euro IV akan menjadikan gas buang kendaraan lebih baik. Semoga saja rencana ini bisa terlaksana secepatnya,” ujar Henry.

Sebelumnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga menyatakan kesiapannya untuk membantu kebijakan pemerintah. Sebab, pabrik yang memproduksi beberapa model Toyota di Indonesia itu sudah familiar dengan teknologi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.