Di Tengah Polemik, Kepemilikan Formula 1 Dijual

Kompas.com - 29/03/2016, 08:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Birmingham, KompasOtomotif  - Saham terbesar kepemilikan ajang balapan Formula 1 dikabarkan akan dijual. Bahkan, dilansir Autoblog.com, Senin (28/3/2016), Bernie Ecclestone, Direktur Eksekutif Formula 1, sudah menyepakati harga jual dengan pihak pembeli.

Citicorp Venture Capital (CVC) atau CVC Capita Partners, sebagai pemilik Formula 1, dengan saham terbesar 35 persen, mulai menyebarkan kabar penjualan ini sejak beberapa bulan lalu.

Rumornya, sudah ada dua lembaga yang berniat membeli, yaitu perusahaan asal Amerika dan Cina, namun sampai saat ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut.

“Saya pikir, CVC akan menjual sahamnya dalam waktu dekat atau lambat. Sudah ada beberapa orang yang bersedia untuk membeli. Pastinya sudah ada dua pihak yang setuju dengan harga, tetapi tetap keputusan terakhirnya ada pada CVC, jadi menjual atau tidak,” ujar Ecclestone.

Menariknya, nasib dari kepemilikan CVC atas F1 bergulir di tengah-tengah ramainya kritik, terkait tata kelola. Salah satunya yaitu  polemik format kualifikasi dengan sistem eliminasi untuk seri F1 di Bahrain.

Terkait dengan bagaimana nantinya arah kebijakan F1 dengan pemilik baru, Ecclestone mengatakan, dirinya tidak akan tahu, sampai ada seseorang yang membelinya, dan melihat sendiri apa yang dia inginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.