Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing HR-V Mulai Terlihat "Unjuk Gigi" di Pabrik Toyota

Kompas.com - 17/03/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Sakarya, KompasOtomotif – Setelah dipamerkan perdana di ajang Geneva Motor Show 2016, kini sosok Toyota C-HR mulai terlihat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT) tepatnya di Sakarya. Pesaing Honda HR-V itu seperti sengaja unjuk gigi karena terparkir di luar fasilitas produksi, sehingga menjadi pusat perhatian karyawan.

Pabrik tersebut, seperti diberitakan laman Indianautosblog, Kamis (17/3/2016) merupakan tempat diproduksinya C-HR. Terdapat dua warna, pertama putih dan kedua dengan aksen dua two tone (bodi merah dan atap putih).

Indianautosblog Toyota C-HR di pabrik Toyota di Turki.

Wujud crossovertersebut sama seperti yang diperkenalkan pada awal bulan ini. Pencahayaan menggunakan LED dan bentuk lampu kabut bulat sejajar dengan gril.

Bicara desain eksterior, dikembangkan di pusat desain Toyota yang berada di California, Amerika Serikat (AS). Tetapi tidak sendiri, melainkan hasil kolaborasi tiga pusat desain asuhan Chief Designer, Kazuhiko Isawa di Jepang.

Selain Turki, crossover 5-penumpang ini juga akan diproduksi di Eropa, tepatnya Inggris. Tetapi, untuk Inggris, Toyota hanya akan merakit C-HR bermesin hibrida yang diadopsi dari mesin Prius.

Artinya, C-HR bakal dibekali mesin bensin 1.8-liter yang mampu menghasilkan tenaga 122 tk serta dikawinkan dengan motor listrik. Pilihan mesin lainnya, yakni 1.2-liter turbocharged bertenaga 115 tk.

Mesin tersebut berpadu padan dengan transmisi manual enam percepatan atau continuously variable transmission (CVT). Bahkan, di beberapa negara, juga ada pilihan mesin 2.0-liter naturally-aspirated.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com