Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spekulasi Kawasaki Ninja Baru ”Adik” H2

Kompas.com - 10/03/2016, 16:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Rumors kembali merebak tentang derivasi model Kawasaki yang menggunakan teknologi mesin supercharged. Motorcyclenews (MCN) melansir beberapa informasi sekaligus hasil rekayasa digital model baru yang bakal menjadi adik H2 itu.

Sebelumnya, isu ini merebak berkat paten yang didaftarkan Kawasaki untuk nama baru ”R2”. Paten itu juga menyebut mesin supercharged, mirip yang digunakan H2 dan H2R demi menambah tenaga dan torsi tapi menekan konsumsi bahan bakar.

Dari sumber internal MCN di Jepang, Kawasaki sudah memastikan kapasitas mesin lebih tinggi dari 800-an cc tapi tidak akan melebihi mesin H2. Derivasi modelnya, akan ada mesin berkapasitas yang lebih kecil untuk versi berbeda, tapi tidak diluncurkan secara bersamaan.

Kawasaki memang sedang gencar menyiapkan sepeda motor dengan teknologi forced induction. Tahun lalu, di EICMA, Presiden Kawasaki Kenji Tomida merilis bahwa mesin supercharge dari H2 sangat fleksibel untuk dipakai berbagai aplikasi.

R2 sendiri akan menjadi satu dari tiga model Kawasaki yang dipercaya bekerja dengan teknologi tersebut. 2015 juga dimanfaatkan Kawasaki untuk meluncurkan konsep SC-01 dan SC-02, juga mengindikasikan penerapan teknologi yang sama.

Soal tampang, MCN menyuguhkan rekayasa digital yang sangat unik. R2 digambarkan punya wajah yang sangat tajam dengan LED. Garis desain ini membuat kesannya semakin galak. Sepintas, bagian belakang mirip H2.

Pertanyaan selanjutnya, kapan R2 akan mengaspal? Jika mengacu skala waktu saat H2 dipatenkan, maka R2 akan meluncur akhir 2016. Tapi sumber internal di Jepang dan Eropa mengatakan bahwa adik H2 ini akan muncul pertama kali pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com