Honda Siap Sokong Standar Emisi Euro IV

Kompas.com - 08/03/2016, 18:15 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, Kompas
– PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku siap menyambut rencana pemerintah menggulirkan regulasi standar emisi Euro IV mulai 2018, sesuai yang direncanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Menanggapi isu ini, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, mengatakan, pihak perusahaannya sudah punya kecakapan dalam teknologi yang dimaksud.

“Kesiapan ikut EURO IV dari produk Honda tidak ada masalah. Semua produk Honda seperti HR-V dan CR-Z ini sudah Euro IV,” ujar Jonfis di Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Produk Honda yang sudah beredar di pasaran dunia saat ini sudah memenuhi standar emisi Euro IV, bahkan sudah tidak kompatibel dengan standar Euro II yang berlaku di Indonesia. Menurut Jonfis, isu yang lebih penting saat ini adalah bagaimana kejelasan implementasi regulasi ini ke industri otomotif 

Salah satu faktor yang berkaitan erat dengan suksesnya regulasi ini, adalah mutu bahan bakar di Indonesia. Level emisi yang lebih baik mustahil bisa dicapai tanpa bahan bakar yang berkualitas, masuk kriteria Euro IV.

Rencananya pada tahun ini, regulasi pengenai standar emisi Euro IV akan di tanda tangani. Standar emisi Euro IV berlaku untuk kategori mobil baru (new product). Sementara untuk kendaraan yang sedang berjalan teknologinya saat ini (current product), bisa menyusul ikut pada 2020.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.