Pasang T-Bike, Garansi Motor Bisa Hangus?

Kompas.com - 04/03/2016, 08:02 WIB
Instalasi T-Bike di sepeda motor Honda Aditya Maulana, KompasOtomotifInstalasi T-Bike di sepeda motor Honda
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– T-Bike merupakan aplikasi otomotif yang baru diluncurkan Telkomsel, Kamis (3/3/2016) di Jakarta. Perangkat ini diciptakan salah satunya untuk membantu pemilik sepeda motor memonitor hingga mengendalikan akses mesin dari ponsel pintar (smartphone).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Aplikasi T-Bike yang sudah terpasang di sepeda motor

Instalasinya itu sendiri, diklaim sangat mudah dan cepat. Sebab hanya tinggal colok alias menggunakan mekanisme plug-in device, sehingga tidak perlu pemotongan kabel dan bebas dari ketergantungan aki motor. Lantas pertanyaan paling dasar, apakah dengan memasang perangkat ini garansi motor akan hangus?

Menurut Agus Budiwiyono, Operational Manager T-Bike, karena dibuat plug and play sehingga tidak akan merusak atau menggugurkan garansi, bahkan sistem injeksi pun tetap aman.

“Saat mengembangkan produk ini, kita sudah konsultasi dengan masing-masing pabrikan (Honda, Yamaha dan Kawasaki) dan mereka memberikan solusinya agar tidak menggugurkan garansi dan merusak sistem injeksi motor itu sendiri,” ungkap Agus saat berbincang dengan KompasOtomotif usai peluncuran T-Bike di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

Lanjut Agus, seperti Honda menyarankan memasang perangkat ini melalui fuel pump, Yamaha selain fuel pump juga bisa melalui arus, sedangkan Kawasaki hanya bisa lewat arus. Selain lewat itu, tidak disarankan, karena akan berisiko.

“Setelah kita konsultasi, maka kita modifikasi di bagian yang diperbolehkan oleh masing-masing pabrikan. Untuk pemasangan lebh detailnya mohon maaf saya belum bisa informasikan, nanti saja,” kata Agus.

Selain bekerjasama dengan beberapa distributor layanan pesan antar, Telkomsel juga memiliki rekanan dengan reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.