Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang T-Bike, Garansi Motor Bisa Hangus?

Kompas.com - 04/03/2016, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– T-Bike merupakan aplikasi otomotif yang baru diluncurkan Telkomsel, Kamis (3/3/2016) di Jakarta. Perangkat ini diciptakan salah satunya untuk membantu pemilik sepeda motor memonitor hingga mengendalikan akses mesin dari ponsel pintar (smartphone).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Aplikasi T-Bike yang sudah terpasang di sepeda motor

Instalasinya itu sendiri, diklaim sangat mudah dan cepat. Sebab hanya tinggal colok alias menggunakan mekanisme plug-in device, sehingga tidak perlu pemotongan kabel dan bebas dari ketergantungan aki motor. Lantas pertanyaan paling dasar, apakah dengan memasang perangkat ini garansi motor akan hangus?

Menurut Agus Budiwiyono, Operational Manager T-Bike, karena dibuat plug and play sehingga tidak akan merusak atau menggugurkan garansi, bahkan sistem injeksi pun tetap aman.

“Saat mengembangkan produk ini, kita sudah konsultasi dengan masing-masing pabrikan (Honda, Yamaha dan Kawasaki) dan mereka memberikan solusinya agar tidak menggugurkan garansi dan merusak sistem injeksi motor itu sendiri,” ungkap Agus saat berbincang dengan KompasOtomotif usai peluncuran T-Bike di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

Lanjut Agus, seperti Honda menyarankan memasang perangkat ini melalui fuel pump, Yamaha selain fuel pump juga bisa melalui arus, sedangkan Kawasaki hanya bisa lewat arus. Selain lewat itu, tidak disarankan, karena akan berisiko.

“Setelah kita konsultasi, maka kita modifikasi di bagian yang diperbolehkan oleh masing-masing pabrikan. Untuk pemasangan lebh detailnya mohon maaf saya belum bisa informasikan, nanti saja,” kata Agus.

Selain bekerjasama dengan beberapa distributor layanan pesan antar, Telkomsel juga memiliki rekanan dengan reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com