Kompas.com - 03/03/2016, 15:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai operator telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel meluncurkan aplikasi otomotif bernama T-Bike. Melalui perangkat ini, pemilik bisa memonitor dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel pintar (smartphone).

Alfian Manulang, GM M2M Product Development Telkomsel, menjelaskan, saat ini alat ini memang hanya bisa dipasang di sepeda motor merek Honda. 

“Mulai pertengahan April 2016, sudah bisa digunakan di motor merek Yamaha dan yang lainnya. Sekarang sedang kita kembangkan,” ujar Alfian di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

Alfian melanjutkan, untuk tahap awal penjuakan awal akan fokus kepada konsumen fleet atau perusahaan.  Tetapi dalam waktu dekat, T-Bike juga bakal menyasar ke segmen ritel, semua pengguna sepeda motor. Dari segi cakupan pemasaran, Jabodetabek masih diutamakan sebagai target pasar.

“Kita sedang memilih toko aksesori yang mau diajak kerjasama dengan kita. Nantinya bisa dibeli di tempat itu dengan harga kurang dari Rp 1 juta,” ucap Alfian.

Alfian melanjutkan, jika sudah dijual untuk umum, disarankan para biker tidak memasang alat tersebut sendiri. Sebab, meski plug n play disarankan dipasangkan oleh teknisi khusus yang sudah paham dengan alat tersebut.

“Jadi kita sediakan teknisi khusus yang sudah mengerti dengan produk ini. Nanti di setiap outlet yang bekerjasama dengan kita, konsumen bisa membeli dan dipasangkan secara gratis,” kata Alfian.

Ke depan, lanjut Alfian, akan disiapkan buku panduan agar konsumen bisa memasang sendiri. “Saat ini kita masih siapkan dan belum berani dikuncurkan, jadi disarankan dipasang oleh teknisi khusus,” ujar Alfian.

Sebagai tahap awal, Telkomsel menjalin kerjasama dengan perusahaan atau pembeli borongan (konsumen fleet) seperti KFC, Berrybenka, Wingstop, Carl’s Jr, Bakmi GM, Domino Pizza, Hoka-Hoka Bento, McDonald’s serta beberapa partner reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.