T-Bike, Aplikasi Pintar buat "Biker"

Kompas.com - 03/03/2016, 14:11 WIB
Aplikasi penting buat biker memonitor pergerakan sepeda motornya dari Telkomsel. Aplikasi penting buat biker memonitor pergerakan sepeda motornya dari Telkomsel.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Rawannya pencurian dan kecelakaan sepeda motor di Indonesia mendorong Telkomsel selaku operator telekomunikasi untuk meluncurkan layanan machine to machine (M2M), T-Bike. Aplikasi ini mampu memonitor, memandu, dan mengendalikan motor dari ponsel pintar.

"Sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, kami menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital untuk berkendara sepeda motor," ujar Vice President M2M Business Telkomsel Jaka Susanta di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

T-Bike ini, lanjut Jaka, memiliki dua keunggulan utama, yaitu fitur lengkap seperti memonitor, memandu lokasi, kecepatan, area berkendara, serta mengendalikan akses mesin motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Keunggulan kedua, yaitu cara pemasangan yang mudah serta cepat.

Tak hanya itu, T-Bike juga didukung sistem GPS yang canggih sehingga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking and fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah opeeasional, dan kecepatan.

Pemasangan

Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor bermesin injeksi bisa dilakukan cepat dan mudah karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan.

Aplikasi ini juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara dan pemantau yang terintegrasi.

Pada kesempatan yang sama, Alfian Manulang, GM M2M Product Development Telkomsel, menjelaskan bahwa mengenai harga dibanderol di bawah Rp 1 juta dan saat ini hanya tersedia di jaringan Telkomsel di wilayah Jabodetabek.

"Kami belum bisa menyebutkan harga pastinya karena langsung berhubungan dengan jaringan penjualan, tetapi dipastikan di bawah Rp 1 juta dan garansi serta termasuk berlangganan selama satu tahun," ujar Alfian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.