Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Hibrida Belum Cocok untuk Indonesia

Kompas.com - 03/03/2016, 08:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Mitsubishi sudah mulai memasarkan kendaraan niaga yang ramah lingkungan berteknologi hibrida di Jepang, sejak 2012. Andalan "tiga berlian" itu adalah, All New Canter Eco Hybrid yang menggendong mesin diesel 4P10 dan motor listrik Lithium-ion dengan 40 kW (200 Nm).

Lantas, sebagai pasar truk ringan terbesar Mitsubishi di dunia, mengapa model cangguh itu tidak dipasarkan ke Indonesia?

Ketika KompasOtomotif berbincang dengan Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Hisashi Ishimaki, ia mengatakan,  saat ini kemungkinan truk hibrida itu dijual di Indonesia sangat kecil. Sebab, selain harga menjadi mahal, juga belum ada arah kebijakan pemerintah yang jelas terkait kendaraan berteknologi ramah lingkungan di Indonesia..

“Sebenarnya juga kami belum punya rencana menjualnya di Indonesia. Jika memang dijual di Indonesia infrastrukturnya belum mendukung,” kata Ishimaki di kantor pusat KTB, Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Mitsubishi All-New Canter Eco Hybrid belum cocok untuk Indonesia terkait batas EURO II dan pajak mahal kendaraan dengan dua mesin.

Pria asal Jepang ini menambahkan, alasan lain yang belum meloloskan keinginan tersebut adalah, permintaan masyarakat Indonesia untuk truk hibrida juga belum ada. Sebab, konsumen menganggap teknologi canggih ini belum siap untuk Indonesia, terutama menyangkut layanan servis dan perawatan.

“Jadi sekarang ini kami fokus menjual truk yang sudah ada saja,” kata Ishimaki.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail Mitsubishi All-New Canter Eco Hybrid.

Kelebihan kendaraan Canter Eco Hybrid itu sendiri, yaitu efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM), yang efeknya diklaim akan ramah lingkungan plus torsi besar dari motor listrik. Belum lagi bicara hemat biaya, mengingat kendaraan ini bertatus "pekerja".

Truk canggih ini adalah hasil pengembangan Daimler Trucks Global Hybrid Center yang terletak di pabrik Mitsubishi Truck and Bus Corporation (MFTBC), tempat kelahiran Canter Eco Hybrid, di Kawasaki, Jepang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com