Mitsubishi Indonesia Protes Kebijakan Impor Truk Bekas

Kompas.com - 02/03/2016, 10:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang  Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru yang berlaku Januari 2016 memprebolehkan kembali praktik impor truk bekas ke Indonesia. Sontak, kebijakan ini dianggap kontra terhadap industri, karena dianggap mengabaikan para produsen truk yang punya pabrik di Tanah Air.

Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono, menjelaskan, pihaknya sangat tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Sebab, bertentangan dengan apa yang dicanangkan pemerintah soal investasi perusahaan otomotif di Indonesia.

“Pemerintah kan sebelumnya mengharuskan produsen otomotif yang ada di Indonesia harus investasi. Sekarang justru ada kebijakan impor truk bekas. Kami merasa keberatan dan tidak setuju,” ujar Momon sapaan akrab Duljatmono saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (2/3/2016).

Melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), lanjut Momon, seluruh pabrikan terutama yang berjualan truk menyatakan tidak setuju dengan Permendag itu. Gaikindo pun sudah menyampaikannya ke Kementerian Perindustrian.

“Setahu saya dari Kemenperin juga sudah memberikan respons protes Gaikindo. Intinya, kami semua tidak setuju, sebab produksi di dalam negeri saja masih cukup untuk memenuhi permintaan nasional,” ungkap Momon.

Tahun lalu, berdasarkan data Gaikindo, penjualan truk mengalami penurunan 41,05 persen dari 120.014 unit di 2014 menurun ke 70.747 unit tahun lalu.

Mitsubishi Fuso sendiri, tahun lalu penjualannya turun 31 persen atau menjadi 38.586 unit dibandingkan tahun lalu. Target tahun ini diharapkan bisa tumbuh 5 persen atau menjadi 40.500 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.