Kompas.com - 25/02/2016, 15:13 WIB
Spesifikasi kulit sintetis Autoskin. Autoskin IndonesiaSpesifikasi kulit sintetis Autoskin.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bahan pelapis sintetis yang dirancang sangat menyerupai kulit diprediksi bakal jadi tren modifikasi interior pada tahun ini. Pelapis jenis ini dikenal dengan sebutan kulit sintetis atau artificial leather (kulit buatan), tapi sebenarnya apa sih kelebihannya?

Sebelum bahas ke sana ada baiknya kita mengenal dulu apa itu kulit sintetis. Toto Limarga, Sales & Marketing Manager Autoskin Indonesia, salah satu pemain bisnis ini di dalam negeri, mengatakan, Kamis (25/2/2016), kulit sintetis dibuat atas kombinasi bahan sintetis dengan kulit asli yang dibuat seperti bubuk.

Kandungan kulit sintetis terdiri dari polyurethane, polyester, dan tentu saja bubuk kulit. Ketebalan kulit sintetis di antara 1,1 – 1,2 mm.

Autoskin Indonesia Contoh bahan kulit sintetis.
Awalnya kulit sintetis lebih banyak digunakan untuk interior rumah atau gedung. Teksturnya yang sangat mirip dengan kulit meningkatkan kenyamanan sofa sekaligus mengubah penampilan jadi lebih berkelas.

Toto mengatakan kulit sintetis baru muncul di Indonesia sejak dua tahun lalu, namun kini penggunaannya semakin banyak karena sudah banyak distributor yang ikut bermain. Ia yang mengatakan kulit sintetis  akan jadi tren modifikasi interior tahun ini.

Kelebihan

Nilai positif kulit sintetis yakni pada penampilan dan tekstur seperti kulit asli. Bila biasanya pelapis kulit pada jok menawarkan sensasi lebih cepat dingin setelah AC dinyalakan, pada kulit sintetis dikatakan juga begitu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keuntungan lainnya, ramah lingkungan karena tidak mengandung phthalate, punya resistensi terhadap api, dilengkapi lapisan pelindung dari sinar ultraviolet, ketahanan tinggi, dan mudah dibersihkan karena tidak menyerap semua jenis cairan. Berhubungan dengan kualitas, Autoskin sampai berani memberikan garansi kerusakan pabrik buat konsumen selama tiga tahun.

Harga

Selain itu, mungkin ini yang utama buat pembeli, harganya tegolong murah. Contohnya untuk MPV seperti Avanza dengan jok tiga baris ditawarkan sekitar Rp 5 juta, memang harga itu lebih mahal ketimbang sintetis sekitar Rp 3 juta. Tapi poin pentingnya kualitas sama tapi banderolnya sangat jauh lebih terjangkau dibanding kulit asli yang mencapai puluhan juta rupiah.

“Kulit sintetis cocok buat semua jenis mobil. Tapi segmentasinya untuk medium ke atas. Kami selalu sarankan daripada beli sintetis lebih baik keluarkan modal sedikit lagi tapi dapat kulit sintetis yang lebih nyaman," ujar Toto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X