Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Muda Honda Incar Tempat di Asia Talent Cup

Kompas.com - 03/02/2016, 14:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Enam pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) mulai menjalani latihan intensif jelang tes pramusim kejuaraan balap Asia Talent Cup (ATC) 2016 di sirkuit Sepang, Malaysia, yang jatuh pada 9-10 Februari 2016.

Para pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) bertekad kembali mengharumkan nama bangsa dengan mengibarkan Merah Putih di podium tertinggi.

Serangkaian latihan pun dilakukan di sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 2 Februari 2016. Latihan difokuskan pada kemampuan dan kecepatan beradaptasi dengan menggunakan motor jenis sport.

Mengasah adaptasi jenis sport, disiapkan Honda CBR150R. Sedangkan untuk pengenalan karakter sepeda motor serta posisi duduk, Honda GP Mono dijadikan alat berlatih.

Keenam pebalap AHRT yang akan ikut seleksi ATC tahun ini adalah Gerry Salim, Andi Farid Izdihar, Irfan Ardiansyah, Dwiki Hardhiana, Alif Akbar Utama, dan Faldan Novayaser Mardani.

Mereka ini merupakan hasil tempaan Honda Racing School yang disiapkan AHM untuk membina para pebalap muda Tanah Air sejak usia dini.

ATC merupakan ajang balap yang diselenggarakan oleh Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP untuk mencari bibit-bibit unggul pebalap muda dari Asia. ATC diikuti oleh 7 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Jepang, Thailand, China, Australia, dan Filipina.

Pada ajang ini, setiap pebalap menggunakan sepeda motor sport berspesifikasi Moto3, Honda NSF 250R. Dalam menyeleksi pebalap terbaik di Asia, Dorna Sport bersama Alberto Puig memperhatikan berbagai aspek yaitu skill, style balap, konsistensi, kecepatan, potensi, dan progress tiap balapan.

Pebalap AHRT yang lolos tes pra musim ATC 2016 dapat mengikuti rangkaian 6 seri balap kejuaraan ini di Sirkuit Chang - Thailand (11-13 Maret), Sirkuit Losail – Qatar (17-20 Maret), Sirkuit Sepang – Malaysia (13-15  Mei), Sirkuit Zhuhai – Cina (16-19 September), Sirkuit Twin Ring Motegi – Japan (14-16 Oktober) dan ditutup di Sirkuit Sepang – Malaysia (28-30 Oktober).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com