Beda Karakter Yamaha V-Ixion, R15, dan Xabre

Kompas.com - 02/02/2016, 13:15 WIB
Yamaha V-Ixion, R15, dan Xabre, diciptakan dengan mesin yang sama, namun beda karakter. kompas.comYamaha V-Ixion, R15, dan Xabre, diciptakan dengan mesin yang sama, namun beda karakter.
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Yamaha menciptakan banyak varian untuk sepeda motor 150 cc.  Penerapannya dilakukan pada trio sport V-Ixion, R15, dan Xabre. Ketiganya menggunakan mesin setipe, LC4V SOHC, namun saat ditunggangi, rasanya berbeda.

KompasOtomotif mendapat penjelasan dari Mohammad Masykur, Asisten GM PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela test ride Xabre di Karting International Circuit, Sentul, Bogor, (1/2/2016). Dikatakan bahwa mesin yang sama tidak lantas karakternya juga senada.

Mapping ECU berbeda, karena ketiganya diciptakan untuk memfasilitasi keinginan pengguna sepeda motor. Masing-masing punya ciri khas, seolah-olah menggunakan mesin yang berbeda,” ujar Masykur yang kenyang pengalaman di bagian riset dan pengembangan YIMM.

Masykur pun membeda satu-persatu. Yamaha V-Ixion dikatakan punya karakter yang linear. Performa di putaran mesin per menit (rpm) bawah, menengah, dan atas, tidak ada yang superior. ”V-Ixion diciptakan untuk pengendaraan sehari-hari yang nyaman. Grafiknya datar dan cenderung naik,” kata Masykur.

Sedangkan R-15, karena diciptakan untuk orang-orang yang suka lari kencang dan mengejar top speed, kekuatan tenaganya akan mulai dirasakan saat rpm menengah ke atas.

Sementara Xabre lebih untuk biker yang suka show-off. Mesin harus tampak galak di awal. Itulah sebabnya, YIMM membuat karakter Xabre sangat superior di putaran bawah-menengah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X