Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Indonesia Tidak Diambil Alih Diler

Kompas.com - 26/01/2016, 19:15 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Alasan PT Ford Motor Indonesia (FMI) angkat kaki dari pasar otomotif nasional karena sulit bersaing, dan sulit menjaga keuntungan perusahaan yang berkesinambungan.

Lantas, ada rumor FMI akan mengalihkan bisnisnya ke salah satu jaringan penjualannya, yaitu diler Nusantara dan PT Kreasi Auto Kencana (KAK).

Mendengar informasi itu, Neal McCarthy, Communications Director Ford ASEAN ikut angkat bicara. Menurut Neal, tidak ada rencana ke arah tersebut. Konsumen dapat terus mengunjungi diler resmi Ford untuk seluruh dukungan penjualan, servis, garansi hingga ada pernyataan lain.

“Sekarang setelah keputusan untuk keluar dari pasar ini dibuat, kami akan menyusun finalisasi rencana untuk menyediakan kesinambungan dukungan servis dan garansi setelah kepergian kami. Akan ada informasi kepada pelanggan tentang pengaturan yang baru sebelum transisi terjadi,” ungkap McCarthy kepada KompasOtomotif, Selasa (26/1/2016).

Hal senada juga diungkapkan oleh Lea Kartika Indra, Direktur Komunikasi FMI. Menurut Lea tidak ada rencana untuk mengalihkan operasi Ford di Indonesia menjadi distributorship. Tetapi, Ford akan terus berkomitmen melayani pasar global sekaligus merestrukturisasi.

“Setelah mempelajari secara seksama setiap opsi yang memungkinkan, jelas bagi kami bahwa tidak ada jalur menuju keuntungan yang bersinambungan bagi kami di Indonesia. Oleh karena itu, Ford akan menghentikan seluruh operasi di Indonesia sebelum akhir tahun 2016 dan mengkonsentrasikan sumber daya yang ada di tempat lain,” ungkap Lea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com