Ditutup, Penjualan Ford Masih "Lumayan"

Kompas.com - 25/01/2016, 18:49 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Ford Nusantara BSD

Jakarta, KompasOtomotif - PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi menutup operasinya di Indonesia. Keputusan yang kabarnya perintah langsung dari Ford global terbilang mengejutkan. Pasalnya, penjualan FMI pada tahun lalu juga tidak terlalu jeblok.

Berdasarkan data Gaikindo, secara wholesales FMI mampu menjual sebanyak 4.986 unit. Model yang paling laris adalah Ecosport 1.5 Titanium A/T yang terserap pasar sebanyak 2.046. Sisanya model seperti Focus, Fiesta, Everest atau Ranger terjual biasa-biasa saja dengan rata-rata puluhan unit.

Sementara rata-rata penjualan per bulan ada di angka 300-an unit. Penjualan tertinggi terjadi pada bulan September yang mencapai 889 unit.

Sedangkan berdasarkan data penjualan secara retail, FMI melepas 6.103 unit. Rata-rata per bulan ada di angka 400-an unit, dan penjualan tertinggi ada di bulan April, yakni 759 unit.

Semua produk Ford yang beredar di Indonesia berstatus CBU, kiriman dari Thailand dan Filipina.

Sebenarnya, bila dibandingkan dengan brand lain yang juga mengandalkan produknya secara impor, penjualan FMI bisa dibilang lumayan. Sebut saja duo Korea, Hyundai dan Kia yang hanya menjual di bawah 3.000 unit.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian

Close Ads X