Apa “Hatchback” Terlaris Sepanjang 2015?

Kompas.com - 22/01/2016, 08:41 WIB
Toyota Yaris di IIMS 2014, diskon sampai Rp 10 juta. KompasOtomotif-Donny AprilianandaToyota Yaris di IIMS 2014, diskon sampai Rp 10 juta.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kendaraan jenis hatchback masih menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia. Selain ukurannya yang praktis, fitur yang menarik, pilihannya juga cukup beragam, sebab hampir setiap merek menawarkan produk di segmen ini.

Jika dilihat dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), persaingan klasik terjadi antara Honda Jazz dan Toyota Yaris, kemudian diikuti dengan model lainnya.

Lantas, siapakah sebenarnya pemimpin segmen hatchback sepanjang 2015? Berikut susunan lengkapnya:

Toyota Yaris

Meski hanya terpaut 806 unit dengan Honda Jazz, Toyota Yaris berhasil menduduki tahta hatchback terlaris sepanjang tahun lalu. Total penjualannya dari Januari hingga Desember 2015 tercatat sebanyak 18.151 unit.

Rata-rata penjualan setiap bulannya di atas 1.500 unit, bahkan sempat turun 679 unit di Juli dan tertinggi di Maret mencapai 2.003 unit.

Honda Jazz

Honda Jazz terpaksa harus menduduki peringkat kedua setelah Toyota Yaris. Penjualan sepanjang tahun lalu mencapai 17.345 unit atau hanya selisih 806 unit dengan kompetitor dikelasnya.

Rata-rata penjualan setiap bulannya berada di atas 1.500 unit bahkan sempat menyentuh 3.393 unit di awal tahun lalu. Kemudian drop di Juli yang hanya terjual 345 unit saja.

Mazda 2

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X