"Crossover Murah" Datsun Dipastikan Bukan LCGC

Kompas.com - 19/01/2016, 14:26 WIB
Desain agresif dengan ground clearance tinggi. DatsunDesain agresif dengan ground clearance tinggi.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana Datsun Indonesia menghadirkan Go-Cross sebagai crossover ”mainan baru” mendekati realita. Di tengah ”tebak-tebakan” harga, kepastian datang dari Head of Datsun Indonesia Indirani Hadiwidjaja bahwa model ini tidak akan masuk di area "mobil murah"m julukan untuk low cost and green car (LCGC).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Stephanus Ardianto, belum lama ini sudah memberikan isyarat bahwa crossover Datsun kemungkinan tak masuk LCGC, dan merek Datsun tidak harus selalu diidentikkan dengan mobil murah.

Artinya, batas atas ”angka psikologis” LCGC yang di kisaran Rp 120 juta sudah pasti terlampaui. ”Kecuali batas atas dari pemerintah dinaikkan, mungkin kami bisa mempertimbangkannya (Go-Cross masuk LCGC),” ucap Indri—sapaan Indriani—belum lama ini di Kalimantan.

Dalam undang-undang, mobil-mobil yang ingin berstatus LCGC dan dapat subsidi dari pemerintah punya batas acuan atas (base price) Rp 95 juta. Angka itu belum termasuk pajak, tambahan fitur seperti ABS, kantung udara, EBD, sampai transmisi otomatis.

Memang tidak ada batas harga on the road. Acuan saat ini adalah base price. Hanya ada angka psikologis atas berada di kisaran Rp 120-125 juta, agar orang masih menganggap mobil di kategori ini sebagai mobil murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.