Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Siapkan 10 Mobil Otonomos pada 2020

Kompas.com - 08/01/2016, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Aliansi Renault-Nissan tidak mau kalah ide menawarkan kendaraan berteknologi otonomos. Bos Renault-Nissan, Carlos Ghosn, menyatakan empat tahun lagi kongsi perusahaan asal Prancis dan Jepang itu langsung menawarkan 10 mobil berteknologi "nyetir sendiri" itu.

Sebelum menjual mobil yang sepenuhnya bisa mengendalikan dirinya sendiri, Renault-Nissan bakal menyematkan teknologi pendukung pada mobil-mobil mainstream. Salah satunya konektivitas nirkabel untuk mengontrol audio dan temperatur kabin.

Fitur multiple-lane control yang memungkinkan mobil berpindah jalur di jalan raya dan bernavigasi kala macet akan ditemui pada 2018. Pada 2020 mobil yang bisa benar-benar mengalkulasikan keputusan saat berada di persimpangan dan mengatasi kemacetan parah siap dinikmati.

“Aliansi Renault-Nissan sangat berkomitmen untuk mendapat tujuan 'nol emisi dan nol fatalitas'. Itulah kenapa kami mengembangkan mengemudi otonomos dan integrasi buat pasar massal, kendaraan mainstream pada tiga benua,” ucap Ghosn seperti diberitakan Automotive News, Kamis (7/11/2015).

Renault-Nissan juga mengumumkan telah merangkul ahli teknologi industri Ogi Redzic yang berperan sebagai pemimpin pengembangan sistem integrasi kendaraan. Redzic pernah bekerja untuk Nokia, NAVTEQ, Motorola, dan cyberPIXIE.

Kompetisi

Renault-Nissan masuk dalam “liga otonomos” yang berlomba menjadi produsen pertama menawarkan teknologi serba otomatis itu. Pada Oktober 2015 lalu Tesla meluncurkan program Autopilot yang membuat mobil bersikap baik di jalan raya dan bisa berganti jalur bila dibutuhkan.

General Motors akan menawarkan teknologi serupa yang dinamakan Super  Cruise pada Cadilac CT6 2017. Salah satu yang paling ambisius, perusahaan teknologi Google sedang mendiskusikan produksi unit massal dengan Ford.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com