Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Garansindo-ITS Tidak Lagi “Telanjang”

Kompas.com - 01/01/2016, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Prototipe sepeda motor listrik karya ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) yang bermitra dengan PT Garansindo Inter Global (GIG) pertama kali dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Agustus 2015.

Prototipe motor listrik itu belum berbentuk utuh seperti motor pada umumnya. Rangka, ban dan motor listrik sudah terpasang, tetapi bodi yang menempel di rangka belum dipasangkan.

Chief Sales Officer PT Garansindo Inter Global Harun Sjech mengatakan, di IIMS 2016 prototipe utuhnya akan dipamerkan kembali untuk masyarakat Indonesia. Wujudnya akan berbeda dengan prototipe sebelumnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Prototipe skuter listrik Garansindo mejeng di IIMS 2015.

“Jadi nanti sudah ada bodinya atau sudah tertutup semua tidak berbentuk rangka seperti IIMS 2015. Tetapi, itu masih belum versi produksinya,” ungkap Harun di acara media gathering akhir tahun Garansindo di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2015) malam.

Dilanjutkan Harun, motor listrik yang akan dipamerkan di IIMS 2016 nanti belum mulai dijual, tetapi sudah mendekati ke versi produksi massal. Rencananya siap di pasarkan mulai 2017.

“Karena untuk produksi massalnya masih membutuhkan berbagai step lagi, seperti pemasok dan lain sebagainya. 2017 rencana kita. Tahun depan kita pamerkan lagi, tapi sudah tidak berbentuk naked lagi,” kata Harun.

Febri Ardani/KompasOtomotif Roadmap pengembangan skuter listrik Garasindo-ITS.

Menurut data roadmap pengembangan sepeda motor listrik Garansindo-ITS, pada 2016 akan ada dua unit purwarupa. Komponen-komponen penyusunnya sudah bisa diurai, sekaligus identifikasi penyuplai berikut dari kalangan UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk produksi massal.

Setahun kemudian dua unit purwarupa itu sudah bisa dianalisa proses manufakturnya. Garansindo sudah menyiapkan mekanisme rantai suplai komponen sekaligus menganalisa produk untuk penetrasi pasar.

Pada 2018, seluruh proses produksi sudah siap dan skuter listrik perdana hasil pengembangan Garasindo dan ITS sudah bisa dilahirkan. Strategi pasar akan ditangani langsung oleh Grup Garansindo.

Skuter motor listrik ini dijual dengan harga sekitar Rp 20-an juta. Harganya diklaim kompetitif untuk bersaing dengan skuter atau Skutik konvensional yang sudah beredar di pasaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com