Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Serius Kembangkan “Airbag” Buat Motor

Kompas.com - 27/12/2015, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Sepeda motor Honda dengan fitur keselamatan airbag (kantung udara) tidak hanya ada di model Goldwing. Sebab, produsen asal Jepang ini diketahui tengah mendaftarkan paten motor baru yang juga dilengkapi airbag.

Paten motor baru yang didaftarkan Honda adalah NC750S. Perbedaan utama kantung udara di Goldwing dengan NC750S, adalah dari segi desain, bentuk, dan ukuran. Demikian dilansir laman motorcyclistonline, Minggu (27/12/2015).

Kantung udara tersebut nantinya akan memiliki ukuran yang lebih panjang ke atas. Opsi tersebut diambil Honda karena saat kecelakaan kebanyakan pengendara terdorong ke atas atau ke depan.

istimewa Airbag di Motor Honda Goldwing.

Sehingga, adanya airbag, laju pengendara bisa tertahan. Bahkan, kepada pengendara bisa aman atau tidak terbentur dengan benda keras yang berada di depannya.

Honda menjelaskan, sensor kantung udaranya akan diletakan di bawah garpu sehingga bisa lebih mudah mendeteksi kecelakaan, khususnya dari tampak depan. Tetapi, jika benturan dari belakang, airbag tidak akan mengembang karena sensor tidak membacanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com