Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Ganti Klakson Motor

Kompas.com - 16/12/2015, 18:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif - Kadang suara klakson sepeda motor bawaan pabrik masih kurang bisa menarik perhatian di jalanan. Tentu solusinya diganti dengan produk aftermarket.

Nah, buat biker yang merasa perlu mengganti klakson ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Menurut Nanang, wiraniaga dari toko aksesori Gandhi Racing di Pamulang, Tangerang Selatan, substitusi klakson tidak sulit, hanya kelistrikan saja yang paling penting disesuaikan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Perhatikan spesifikasi tegangan (V) dan frekuensi (Hz) suaraklakson
"Dilihat dulu spesifikasi klaksonnya. Kalau aki motor kan biasanya 12 Volt tapi Ampere-nya bisa beda. Buat menyesuaikan dengan klakson harus pakai relay biar stabil," papar Nanang, Rabu (16/12/2015).

Produk pengganti klakson di pasaran biasanya mengeluarkan suara lebih besar, jadi butuh daya lebih besar untuk mengaktifkannya. Kabel standar asli motor tidak semua kuat untuk mengakomodasi itu, makanya relay sangat diperlukan. Tanpa relay, kabel dan saklar klakson bisa cepat rusak.

Di toko, Nanang menjual beragam jenis klakson, ukuran dan suara yang dihasilkan beda-beda. Harganya juga bermacam-macam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 170.000. Harga itu termasuk relay dan pemasangan.

Menurut Anang lagi, konsumen tidak melulu memilih karena suara tapi yang paling banyak dicari model anti air.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com