Jangan Sembarang Ganti Klakson Motor

Kompas.com - 16/12/2015, 18:41 WIB
Ragam produk pengganti klakson. Febri Ardani/KompasOtomotifRagam produk pengganti klakson.
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang Selatan, KompasOtomotif - Kadang suara klakson sepeda motor bawaan pabrik masih kurang bisa menarik perhatian di jalanan. Tentu solusinya diganti dengan produk aftermarket.

Nah, buat biker yang merasa perlu mengganti klakson ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Menurut Nanang, wiraniaga dari toko aksesori Gandhi Racing di Pamulang, Tangerang Selatan, substitusi klakson tidak sulit, hanya kelistrikan saja yang paling penting disesuaikan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Perhatikan spesifikasi tegangan (V) dan frekuensi (Hz) suaraklakson
"Dilihat dulu spesifikasi klaksonnya. Kalau aki motor kan biasanya 12 Volt tapi Ampere-nya bisa beda. Buat menyesuaikan dengan klakson harus pakai relay biar stabil," papar Nanang, Rabu (16/12/2015).

Produk pengganti klakson di pasaran biasanya mengeluarkan suara lebih besar, jadi butuh daya lebih besar untuk mengaktifkannya. Kabel standar asli motor tidak semua kuat untuk mengakomodasi itu, makanya relay sangat diperlukan. Tanpa relay, kabel dan saklar klakson bisa cepat rusak.

Di toko, Nanang menjual beragam jenis klakson, ukuran dan suara yang dihasilkan beda-beda. Harganya juga bermacam-macam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 170.000. Harga itu termasuk relay dan pemasangan.

Menurut Anang lagi, konsumen tidak melulu memilih karena suara tapi yang paling banyak dicari model anti air.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X