Kompas.com - 15/12/2015, 14:18 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Meski status Kawasaki Ninja 2 tak 150 cc sudah memasuki masa pensiun, namun permintaan model ini masih cukup tinggi. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih terus memasok ke diler-diler di Indonesia dalam jumlah ribuan unit per bulan.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa model ini masih terjual di atas 1.000 unit. Puncaknya bahkan pada Agustus-Oktober 2015 yang melebihi 1.500 unit per bulan. Padahal, KMI sudah menyatakan bahwa produksi terakhir dilakukan Juli 2015.

”Iya itu unit produksi terakhir pada Juli lalu. Kami memang sengaja memproduksi melebihi demand, supaya kami bisa memenuhi permintaan yang masih tinggi,” kata Michael Candra Tanadhi, Deputy Head, Sales & Promotion KMI kepada KompasOtomotif, (15/12/2015).

Michael menambahkan, saat ini di pabrik KMI di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, masih tersisa stok Ninja 2 tak sekitar 5.000-an unit. KMI akan terus mendistribusikan sampai stok terakhir tersebut habis tak bersisa. ”Perkiraan habisnya Maret atau April tahun depan,” ucapnya.

”Collector Item”
Status sebagai legenda pada Kawasaki Ninja 2 tak membuat banderol pada tipe tertentu mulai tak mengikuti harga pasar. Michael mencontohkan, Ninja RR livery Ninja 30th Anniversary miliknya, yang dulu dibeli seharga Rp 38,9 juta, saat ini sudah ditawar Rp 43 juta.

”Barangnya memang masih 0 km, belum dipakai. Ini jadi contoh, kalau ke depan, pasti ada unit spesial yang akan jadi collector item dan diburu orang, karena status Ninja 2 tak yang menjadi legenda,” ujar Michael.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.