Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Vitara "Telan" Mesin Turbo

Kompas.com - 06/12/2015, 15:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Suzuki meluncurkan Vitara S, pertama kali ditunjukkan di Inggris. Crossover terbaru yang diterima cukup baik di Eropa itu "menelan" mesin berteknologi Boosterjet. Kapasitasnya kecil, namun punya letupan tenaganya dahsyat.

Dari luar, Vitara S dibedakan dari beda desain kisi-kisi udara dibandingkan dengan model standar. Sekeliling bodi dilengkapi moulding warna hitam. Pelek alloy pakai ukuran 17 inci dengan warna hitam gloss. Ornamen lain, adanya penutup spion warna silver, spoiler, dan lampu LED.

Di dalam, banyak ornamen yang membedakan, termasuk lubang udara AC. Nuansa sporty didapat dari pedal-peda berbahan alloy serta jok, setir, dan pemindah gigi dengan jahitan warna merah. Peranti lain yang standar adalah AC otomatis, pengatur kecepatan, peranti keamanan dan hiburan yang lebih lengkap.

Poin paling penting tentu saja mesin, disematkan tipe 1.400 cc Boosterjet turbocharged 4-silinder berbahan bakar bensin. Jantung pacu ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 140 tk dan torsi maksimal 220 Nm @1.500 rpm-4.000 rpm.

indianautosblog Interior dibedakan dengan banyak ornamen dengan aksen merah.
Tenaga dan torsi itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan transmisi otomatik 6-percepatan sebagai opsi. Kombinasi itu sanggup melesatkan mobil 0-100 kpj dalam 10,2 detik dengan kecepatan maksimal yang dibatasi ”cuma” sampai 200 kpj.

Kendati kencang, mesin bisa menekan emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar yang diklaim mencapai 22,23 kpl untuk model transmisi manual.

Tenaga disalurkan ke empat roda dengan sistem yang diberi nama AllGrip, memberikan pilihan berkendara dengan mode Auto, Sport, Snow, dan Lock. Sistem ini juga berguna menjaga ban selip dengan memindahkan torsi ke ban-ban yang dibutuhkan.

Model ini tersedia dalam empat warna, merah, putih, abu-abu, dan hitam, dijual di Inggris mulai Januari 2016 dengan banderil 20.899 poundsterling (Rp 437 jutaan) untuk transmisi manual dan 22.249 poundsterling (Rp 465 jutaan) untuk transmisi otomatik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com