Kompas.com - 30/11/2015, 15:10 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Monza, KompasOtomotif – Valentino Rossi membayar kegagalan di MotoGP musim 2015 dengan gelar juara di Monster Energy Monza Rally 2015. Ajang balap tahunan ini sudah diikuti Rossi beberapa kali, dan gelar ini merupakan yang ke-4 setelah 2006, 2007, dan 2012.

Karena ini ajang reli, tentu saja Rossi tidak menunggangi Yamaha YZR-M1, tetapi mengendalikan mobil spesifikasi reli WRC Ford Fiesta 1.6, didampingi teman masa kecil dan sudah familiar di garasi MotoGP, takni Alessio 'Uccio' Salucci.

Menjelajah jalur paduan sirkuit aspal Monza dengan taman nasional di sekitarnya, Rossi berhasil menungguli pereli WRC dari Hyundai, Thierry Neuville, yang sejak awal menjadi pesaing utama. Dia mempertahankan jarak 33,6 detik dari Neuville.

Sebenarnya, Neuville berhasil memenangi SS8, namun jika waktu ditotal seara keseluruhan, pereli asal Belgia itu masih tetinggal 13,4 detik di belakang VR46, julukan Rossi.

”Musim MotoGP memang selesai di Valencia. Tapi kenyataannya, buat saya, musim 2015 usai setelah Rally of Monza. Pada November saya mencoba memperbaiki semua hal dan Monza menjadi yang terakhir. Mulai Senin (30/11/2015) pagi, saya benar-benar libur,” kata Rossi.

Buat Rossi, Monza selalu menjadi momen membahagiakan, khususnya mengakhiri musim balap. Dari ajang ini pebalap yang terlibat perseteruan dengan Marc Marquez itu mendapat kegembiraan, apalagi tahun ini dia berhasil bersaing di barisan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.