Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Audio, “Speedometer” Jazz Digeser ke Tengah

Kompas.com - 29/11/2015, 08:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada level tertentu, menghasilkan suara “murni” dari sistem audio butuh trik spesial. Bentuknya tidak melulu harus glamor dan pamer estetika sana-sini, bisa juga seperti Honda Jazz yang satu ini dengan tampilan kalem tapi tetap bisa “nendang”.

Febri Ardani/KompasOtomotif Dari luar tampangnya tidak punya kesan khusus.
Pertama dipandang dari luar, tampilan mobil biasa saja. Paling beda hanya pelek dibanding model standar. Tapi begitu melongok ke kabin, ramuan ajaibnya baru ketahuan.

Kondisi dasbor telah berubah, suasana beda langsung kentara dari posisi instrument cluster yang sekarang berada di tengah mirip gaya Toyota Vios model lama. Meletakan penampang informasi mobil di tengah membuat dasbor simetris, selain itu desainnya jadi terlihat lebih rata dan lapang.

Matius Henry, installer yang mengaku dari distributor produk audio merek Flux mengatakan, Jumat (27/11/2015), modifikasi seperti ini berkaitan dengan suara. Konsep yang digarap mengincar sound quality untuk ikut lomba kategori Pure Sound di EMMA Asia Final 2015 yang digelar di Mall Living World, Alam Sutera, Tangerang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Subwoofer disembunyikan di dasbor depan, jadi tidak perlu banyak perubahan di bagasi.
Bila biasanya pemodifikasi audio meletakan fokus pelantang suara di bagasi, yang satu ini lain. Titik kordinat suara ada di bagian depan, itulah kenapa dasbor diubah demikian.

Matius mengungkap, di depan terdapat speaker 3-way dan subwoofer. Menariknya, subwoower cuma  bisa didengar tapi tak bisa dilihat sebab posisinya tersembunyi di dalam dasbor.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail perubahannya.
Tidak banyak penjelasan detail soal teknik pembuatan sekaligus fungsi konfigurasi itu, namun dikatakan hal ini mendukung konsep. Semua garapannya disebut sangat memerhatikan detail.

“Kalau diperhatikan di dasbor itu kan ada pelapis, itu saja kita mesti cari bahan khusus,” ucapnya.

Kualitas nomor satu, penampilan kesekian. Matius bilang perubahan seperti ini menghabiskan dana hampir Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com