Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Demonstrasi Terjadi di Depan Pabrik Yamaha

Kompas.com - 24/11/2015, 12:53 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Karawang, KompasOtomotif- Aktivitas demonstrasi terlihat di depan pabrik Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ), di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015), tepat pukul 10.00 WIB.

Dari pantauan langsung KompasOtomotif di lokasi, ratusan massa mencoba mengajak karyawan pabrik untuk berhenti bekerja dari depan pagar. Salah satu peserta demonstrasi mengatakan aksi ini dilakukan untuk mengajak buruh pabrik YMMWJ bergabung dan ikut mendesak pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sesekali kerumunan berteriak, lalu disahut karyawan pabrik yang berkumpul di belakang pagar.

Terdapat spanduk bertuliskan "Tidak ada produksi (libur)" yang sepertinya ditempel para demonstran di pagar. Terlihat banyak petugas di lapangan yang berusaha menjaga situasi tetap aman.

Direktur Penjualan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Sutarya menjelaskan demonstrasi ini bukan dilakukan pihak pabrik tapi kemungkinan berkaitan dengan aksi mogok nasional yang digelar selama 24 -27 November 2015.

"Seharusnya bukan saya yang ngomong begini, tapi itu bukan Yamaha, sekarang kan memang mereka mau demo nasional. Aktivitas pabrik tidak terganggu, selama kondusif ya tidak berhenti," ujar Sutarya via telepon kepada KompasOtomotif.

YMMWJ adalah pabrik Yamaha khusus untuk sepeda motor bebek dan skutik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com