Aksi Demonstrasi Terjadi di Depan Pabrik Yamaha

Kompas.com - 24/11/2015, 12:53 WIB
Suasana demonstrasi di depan kantor Yamaha Motor Manufacturing West Java di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015). Febri Ardani/KompasOtomotifSuasana demonstrasi di depan kantor Yamaha Motor Manufacturing West Java di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015).
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif- Aktivitas demonstrasi terlihat di depan pabrik Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ), di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015), tepat pukul 10.00 WIB.

Dari pantauan langsung KompasOtomotif di lokasi, ratusan massa mencoba mengajak karyawan pabrik untuk berhenti bekerja dari depan pagar. Salah satu peserta demonstrasi mengatakan aksi ini dilakukan untuk mengajak buruh pabrik YMMWJ bergabung dan ikut mendesak pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sesekali kerumunan berteriak, lalu disahut karyawan pabrik yang berkumpul di belakang pagar.

Terdapat spanduk bertuliskan "Tidak ada produksi (libur)" yang sepertinya ditempel para demonstran di pagar. Terlihat banyak petugas di lapangan yang berusaha menjaga situasi tetap aman.

Direktur Penjualan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Sutarya menjelaskan demonstrasi ini bukan dilakukan pihak pabrik tapi kemungkinan berkaitan dengan aksi mogok nasional yang digelar selama 24 -27 November 2015.

"Seharusnya bukan saya yang ngomong begini, tapi itu bukan Yamaha, sekarang kan memang mereka mau demo nasional. Aktivitas pabrik tidak terganggu, selama kondusif ya tidak berhenti," ujar Sutarya via telepon kepada KompasOtomotif.

YMMWJ adalah pabrik Yamaha khusus untuk sepeda motor bebek dan skutik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.