Satria, Sonic, dan MX King di Lintasan Balap, Siapa Menang?

Kompas.com - 23/11/2015, 08:02 WIB
Tarung tiga underbone beda pabrikan di Kejurnas seri terakhir di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015). istimewaTarung tiga underbone beda pabrikan di Kejurnas seri terakhir di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015).
|
EditorAgung Kurniawan

Binuang, KompasOtomotif — Ada yang menarik saat menyaksikan seri terakhir Indonesia Road Race Champhionship (IRRC) di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015).

Saat lomba memasuki race kedua 150 cc, tiga pebalap dengan tunggangan beda pabrikan saling berebut posisi pertama. Tiga model utama, yakni Suzuki Satria FU, Yamaha MX King, dan Honda New Sonic saling adu "lari" di lintasan balap.

Bisa jadi, inilah pertarungan paling seru di antara kelas-kelas lain dalam balap level kejurnas itu. "Ayam jago" Satria FU ditunggangi Rafid Topan Sucipto. Lalu, "bebek super" MX King dikendalikan Rusman Fadhil, sementara si pendatang baru, New Sonic, digeber pebalap tuan rumah Alfian R. Selama 15 putaran, ketiganya saling susul hingga lap terakhir.

Tidak ada yang tampak dominan dalam adu cepat ini. Sepeda motor tampak berimbang. Pebalap yang menungganginya juga sudah punya pengalaman. Artinya, soal skill, mereka cukup merata. Pembedanya hanya ada dua, nasib dan strategi.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Rafid Topan memenangi lomba kelas 150 cc Indonesia Road Racing Championship 2015.
Pada awal lomba, Rafid dan Satria FU-nya memimpin. Namun, Alfian dan Fadhil berhasil mengejar, menempel, dan berebut posisi terdepan. Semua bergantian memimpin. Penonton dibuai oleh aksi mereka bertiga yang sangat menghibur.

Hingga akhirnya, pada dua lap terakhir, pengalaman Rafid yang pernah berlaga di Moto2 mulai berbicara. Satria yang ditungganginya mulai tampak lebih dominan, ditambah penguasaan sirkuit dan racing line yang baik. Pebalap asal DKI Jakarta itu pun memenangi lomba.

Posisi kedua akhirnya diperoleh Rusman Fadhil dan MX King-nya, diikuti Alfian R dengan Sonic. Fadhil juga berhasil "menikam" Alfian di lap-lap terakhir.

Buat KompasOtomotif, pemenangnya adalah semua kontestan tersebut di atas. Di seri terakhir ini, Rafid dan Satria berhasil menempati podium pertama. Namun, secara total enam seri, Fadhil dan MX King-lah yang jadi juara. Alfian dan Sonic? Duet ini sanggup bangkit dari masalah pada race pertama dan membuktikan bahwa mereka juga cepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X