Kia Tantang Toyota Prius dengan Niro Hibrida

Kompas.com - 17/11/2015, 13:28 WIB
Crossover hibrida, Kia Niro, rencananya diperkenalkan tahun depan. KiaCrossover hibrida, Kia Niro, rencananya diperkenalkan tahun depan.
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotif – Kia bersiap masuk ke pasar mobil hibrida dengan model baru crossover Niro. Dalam keterangan resminya, Senin (16/11/2015), merek asal Korea Selatan (Korsel) itu mengatakan Niro adalah model global yang akan diperkenalkan tahun depan.

Konsep Niro sebenarnya sudah mendebut pada 2013, namun kini keputusan produksi sudah dapat “lampu hijau”. Kia juga merilis foto penggoda berikut sekilas spesifikasi teknis tentang crossover hibrida ini.

Kia Kia Niro Hibrida.
Niro dibekali mesin 1.6L tipe Kappa milik Hyundai plus motor listrik 32 kW dengan baterai 1,56 kWh. Tidak ada keterangan besar tenaga kombinasi, namun dikatakan mesin konvensional bertenaga 103 tk dan torsi 147 Nm. Tenaga itu disalurkan transmisi kopling ganda 6-percepatan.

Pengembangan Niro dilakukan terisolasi dari model Kia lainnya. Kia menjelaskan Niro dirancang menggunakan platform baru yang didedikasikan khusus untuk model hibrida. Di masa depan Kia juga menyiapkan versi hibrida plug-in.

Di pasar global, Niro bakal menantang dominasi Toyota Prius. Meski beda segmen, Niro dan Prius berebut pasar mobil alternatif yang ramah lingkungan.

Setelah diperkenalkan, Niro akan dijual di Korsel lebih dulu, lantas produksi massal untuk pasar luar negeri bakal dimulai akhir 2016. Niro diproduksi di pabrik Hwasung, Korsel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X