Tokyo Motor Show 2015

Teknologi Masa Depan Ban, Tanpa Angin dan Anti-Bocor

Kompas.com - 02/11/2015, 17:01 WIB
Di Tokyo Motor Show 2015, Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) menampilkan dua konsep teknologi baru, Gyroblade Airless Tire (warna hijau) dan Coreseal Tire Sealant, keduanya membuat tak perlu lagi membawa ban cadangan. Febri Ardani/KompasOtomotifDi Tokyo Motor Show 2015, Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) menampilkan dua konsep teknologi baru, Gyroblade Airless Tire (warna hijau) dan Coreseal Tire Sealant, keduanya membuat tak perlu lagi membawa ban cadangan.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Kekhawatiran atas masalah pada ban, seperti bocor, tidak awet, mahal, dan selalu monoton dengan warna hitam sepertinya akan sirna di masa depan. Di Tokyo Motor Show 2015, Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) menampilkan dua konsep teknologi baru, Gyroblade Airless Tire dan Coreseal Tire Sealant, keduanya membuat tak perlu lagi membawa ban cadangan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Teknologi ban di masa depan, tanpa Angin dan Anti-Bocor
Gyroblade adalah konsep ban tanpa udara. Desainnya, pelek logam yang dilingkari bahan resin khusus (bagian berwarna ungu), kemudian dilapisi tapak ban. Konfigurasi ini dikatakan memenuhi semua syarat sebuah ban, tanpa perlu diisi angin.  

Desain Gyroblade dikatakan bukan cuma aman ketika ban bocor karena benda tajam, tapi juga memangkas perawatan. Sekali digunakan, mobil tidak perlu lagi mengganti ban. Lapisan resin bisa dibuat berbagai macam warna, jadi produk ini mendukung gaya estetika sesuai keinginan.

srigroup.co.jp Cara kerja teknologi baru Dunlop Jepang, Coreseal.
Sedangkan Coreseal merupakan konsep pertolongan pertama bila ban bocor tertusuk benda tajam. Terdapat lapisan khusus di bagian dalam tapak yang bertugas mengisi celah yang kosong setelah ban berlubang. Fungsinya mencegah angin keluar. Tidak perlu lagi ban cadangan bila menggunakan Coreseal.

Hasil pengembangan ini bukan hanya menyingkirkan masalah konvensional ban tapi juga meningkatkan faktor keselamatan. Saat dipamerkan, dua konsep ban ini dipasang pada kendaraan personal milik konsep sistem transportasi komunitas, Toyota Ha:mo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X