Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Honda Punya Calon Pesaing Innova Bermesin Turbo

Kompas.com - 31/10/2015, 07:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtomotif – Dalam kegiatan test drive mobil-mobil Honda terbaru untuk media di Twin Ring Motegi, Jepang, (27/10/2015), diperlihatkan juga MPV terbaru, New Jade RS. Inilah versi paling mutakhir mobil keluarga 6-seater yang ternyata sedang dipertimbangkan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk masuk ke Indonesia.

Dari sisi tampang, mobil ini cukup cantik. Tongkrongannya pendek (beratap rendah), memanjang, bahkan mirip model estate. Namun jika dilongok ke dalam, ternyata mempunyai bangku baris ke-3 yang bisa diisi dua orang. Sementara di baris kedua hanya bisa diduduki dua orang dengan captain seat.

Tapi yang paling dahsyat adalah mesin barunya. Jade RS yang di Jepang dijual sekitar 2,5 juta yen atau setara Rp 280 jutaan itu sudah menggendong mesin terbaru VTEC Turbo 1.500 cc. Menurut Powertrain Project Leader Honda Jade dari Honda R&D Co. Ltd, Daihei Teshima, mesin generasi terbaru ini menjadi bagian dari strategi Honda dalam hal downsizing turbo yang bertenaga tapi irit bahan bakar.

”Mesin 1.500 cc, tapi tenaga yang dirasakan setara dengan mesin-mesin baru 2.000-2.500 cc dan jauh lebih irit bahan bakar,” ucap Teshima San dalam presentasi sebelum test drive.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Jade RS berkapasitas 6 penumpang, sedang dipertimbangkan masuk Indonesia.
Indonesia
Pertanyaan besarnya, apakah mobil ini punya kemungkinan dipasarkan di Indonesia? KompasOtomotif langsung tergelitik untuk menanyakannya ke President Direktur HPM Tomoki Uchida. Dirinya tidak menampik, juga tidak mau memastikan. Uchida San justru malah balik bertanya. ”Bagaimana menurut Anda, apakah bisa masuk Indonesia,” celetuknya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandi pun menanyakan hal yang sama kepada KompasOtomotif. Namun setelah itu, dia mengatakan bahwa jika masuk Indonesia, Jade akan menjadi pilihan unik untuk segmen MPV.

”Kami sedang mempertimbangkannya, termasuk melaukan survei pasar, lalu menganalisa dari segi harga. Jika di Jepang Rp 2,5 juta yen, kira-kira di Indonesia bisa mencapai Rp 300 jutaan, dan itu sudah masuk di segmennya Innova,” kata Jonfis.

Jade sebenarnya diciptakan Honda khusus untuk pasar domestik China. Namun, perkembangannya, model ini mulai dijual di negara lain termasuk Jepang. Soal fitur, keunggulan, dan bagaimana kesan awal mencobanya, KompasOtomotif akan membahasnya dalam artikel yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com