Laporan Langsung dari Jepang

Alasan Mengapa BR-V Dinantikan Konsumen

Kompas.com - 30/10/2015, 07:41 WIB
Honda BR-V mempunyai karakter SUV tapi dibalut kenyamanan MPV. KompasOtomotif-Donny AprilianandaHonda BR-V mempunyai karakter SUV tapi dibalut kenyamanan MPV.
|
EditorAgung Kurniawan

Kagoshima, KompasOtomotif – Honda BR-V punya paket lengkap untuk menggaet konsumen di berbagai segmen. Meski bakal bermain di segmen low SUV, namun dengan konfigurasi tempat duduk 7-penumpangnya, mobil yang segera dikirim ke garasi konsumen dalam waktu dekat itu juga berpotensi mencuri pasar low MPV.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen dan distributor mobil Honda di Indonesia, mengatakan bahwa mobil ini tercipta berkat masukan dan hasil survei kepada konsumen. Tetap punya ciri khas SUV, namun ditambah keunggulan MPV.

”Saat melakukan pengembangan, ternyata banyak orang yang menginginkan SUV. Namun karena SUV kebanyakan hanya punya lima tempat duduk, pilihan bergeser ke MPV. Setelah mengembangkan Mobilio, kami segera menyiapkan SUV-nya,” kata Uchida bersama jurnalis dari Indonesia di Kagoshima, Jepang, Kamis (29/10/2015).

Donny Apriliananda/Kompas.com Rasa nyaman masih menemani ketika mencoba jok baris ketiga di BR-V.
Alasan
Pertanyaannya, mengapa tren cenderung mulai kuat bergeser ke SUV? Jonfis Fandi, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM di waktu yang sama, mengatakan bahwa terdapat banyak faktor. Di antaranya karena kontur jalanan di Indonesia yang kurang baik, di mana membutuhkan mobil dengan ground clearance tinggi. Lalu, wanita juga merasa lebih aman juga karena tinggi.

”SUV 7-seater menjadi pilihan baru. Selain tinggi, tetapi juga diberi keleluasaan tempat duduk. Lalu, SUV juga dianggap lebih mewah dibandingkan MPV. Di kantor diberi mobil dinas model mobil keluarga agak malu, tapi diberi SUV akan semakin gengsi,” kata Jonfis.

Honda BR-V akan dijual HPM di range harga Rp 235 juta – Rp 265 juta. Sejauh ini Jonfis mengatakan belum ada perubahan, namun jika pun berubah, angka tersebut diberi jarak penambahan maksimal plus minus Rp 10 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.