Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil “Diet” Mesin VTEC Turbo Honda

Kompas.com - 28/10/2015, 10:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Honda Motor Company memiliki dua mesin bensin turbo baru yang akan digunakan pada Civic generasi ke-10. Adalah 1.0-liter dan 1.5-liter VTEC Turbo. Kedua motor penggerak itu merupakan hasil “diet” dari 2.0-liter VTEC Turbo yang digunakan pada Civic Type R.

Mesin VTEC Turbo 1.0-liter dan 1.5-liter tersebut seperti dilansir situs resmi Honda, Rabu (28/10/2015) masih bagian dari teknologi Honda Earth Dream sehingga tetap memberikan kombinasi yang luar biasa antara performa dan efisiensi bahan bakar.

Kedua mesin tersebut diklaim memiliki teknologi variable valve motion yang mampu mengurangi gesekan dan tetap ramah lingkungan. Tak hanya itu, motor penggerak ini juga menggunakan turbocharger dengan sistem injeksi langsung sehingga mampu menciptakan keseimbangan torsi.

“Hadirnya dua mesin turbocharged yang lebih kecil ini, kami mampu menjawab permintaan pasar dan membangkitkan tren dalam upaya meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa harus mengorbankan tenaga,” ujar Philip Crossman, Managing Director Honda Inggris.

Dalam mengembangkan kedua mesin tersebut, Honda mengucurkan investasi yang cukup besar yakni 270 miliar euro . Dana tersebut juga digunakan untuk mengembangkan model baru.

Lebih dari itu, Honda Civic generasi ke-10 itu sendiri di Eropa dijadwalkan meluncur awal 2017. Honda akan memproduksi Civic lima pintu di pabriknya yang berada di Swindon, Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com