Laporan langsung dari Jepang

Sensasi Lega Jok Baris Ketiga Honda BR-V

Kompas.com - 27/10/2015, 16:31 WIB
Tampilan belakang BR-V versi produksi massal. Donny Apriliananda/Kompas.comTampilan belakang BR-V versi produksi massal.
|
EditorAgung Kurniawan

Motegi, KompasOtomotif - Honda memberi kesempatan jurnalis se-Asia Oseania untuk menguji dan merasakan sensasi model terbarunya, BR-V, di Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa, (27/10/2015). Generasi baru Sport Utility Vehicle (SUV) yang bernafaskan kendaraan multi guna ini menawarkan sensasi kabin lapang. Nah, sebelum membahas soal performa, simak dulu bahasan mengenai posisi duduk dan kenyamanan pada baris ketiga.

Wajar harus dicari tahu, karena pada umumnya, low SUV hanya memberikan ruang sedikit untuk penumpang baris ketiga. Toh kalaupun luas, bagasi akan jadi korban. Inilah yang ternyata menjadi perhatian ekstra Honda untuk menawarkannya kepada konsumen.

KompasOtomotif beberapa kali duduk di deretan paling belakang selama beberapa putaran lintasan pengujian, khusus untuk merasakan sensasi menjadi penumpang "terpinggirkan". Kesan awal luas, dengan ruang kaki yang sama sekali tidak sempit. Ruang kepala juga lega, tidak mentok di kaca belakang atau atap (tinggi badan 172 cm).

Donny Apriliananda/Kompas.com Rasa nyaman masih menemani ketika mencoba jok baris ketiga di BR-V.

Ternyata ruang untuk penumpang belakang ini lebih luas ketimbang Mobilio. "Iya, kan BR-V lebih panjang dan lebih lebar daripada Mobilio. Jadi kesannya lebih luas," sambar Jonfis Fandi, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM yang juga mendampingi media dalam pengetesan.

Posisi kaki juga nyaman, tidak terlalu mengangkat. Untuk perjalanan jauh rasanya mirip duduk di bangku baris kedua. Bahkan jika diisi dua orang pun, duduk di baris paling belakang masih bisa ditoleransi dan tetap lega.

Menariknya, baris ketiga yang luas itu tidak mengorbankan bagasi. Sisa ruang di bagian ini sangat luas, bahkan lebih besar dari diameter galon air minum. Semua itu menjadi penutup kekurangan SUV selama ini, khususnya di segmen terbawah (low SUV).

Donny Apriliananda/Kompas.com Bagasi tidak menjadi korban adanya jok baris ketiga dengan volume mumpuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.