Waspada Bila Jok Berlapis Sintetis Kena Noda ini

Kompas.com - 22/10/2015, 15:46 WIB
Pelapis jok juga diberi warna beige untuk tipe XV atau Highway Star. Roderick Adrian MosesPelapis jok juga diberi warna beige untuk tipe XV atau Highway Star.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pelapis jok kulit sintetis kini marak digunakan pemilik mobil yang ingin merasakan kenyamanan lebih. Nah, pemilik wajib tahu cara merawatnya agar umur pemakaian bisa semakin panjang.

Menurut Henry Winson, Sales and Marketing Manager manufaktur pelapis kulit sintetis lokal PT Agung Poly Nugraha (APN), pertolongan pertama membersihkan noda ringan cukup menggunakan air dan sabun yang aman untuk cuci tangan bila dibutuhkan. Bereaksi cepat menghilangkan kotoran penting, sebab bila sudah kering, cara enteng itu cenderung tidak bisa lagi digunakan.

Pelapis kulit sintetis dikatakan Henry punya lapisan pelindung yang berguna mempertahankan kilap atau dof dan melindungi dari noda ringan. Tapi pemilik perlu was-was bila kotoran mengandung minyak, misalnya saos, gorengan, atau makanan lain yang jatuh akibat aktivitas penumpang di kabin. Sumber noda lain yang bikin khawatir adalah tinta pulpen.

“Karena dia bisa tembus ke dalam dan itu tidak bisa dibersihkan,” ujar Henry.

Pembersih

Bila noda tergolong berat tapi belum fatal seperti minyak, Henry menyarankan jangan menggunakan pembersih yang mengandung deterjen. Alasannya, deterjen malah bakal merusak lapisan pelindung. Kombinasi air dan sabun saja sudah dirasa cukup kuat untuk kulit sintetis.

“Detergen itu keras, kalau tiner apalagi. Itu menghancurkan, detergen akan menghapus lapisan sintetis. apalagi sampai disikat, itu bukan membersihkan tapi menghancurkan,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.