Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Bila Jok Berlapis Sintetis Kena Noda ini

Kompas.com - 22/10/2015, 15:46 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pelapis jok kulit sintetis kini marak digunakan pemilik mobil yang ingin merasakan kenyamanan lebih. Nah, pemilik wajib tahu cara merawatnya agar umur pemakaian bisa semakin panjang.

Menurut Henry Winson, Sales and Marketing Manager manufaktur pelapis kulit sintetis lokal PT Agung Poly Nugraha (APN), pertolongan pertama membersihkan noda ringan cukup menggunakan air dan sabun yang aman untuk cuci tangan bila dibutuhkan. Bereaksi cepat menghilangkan kotoran penting, sebab bila sudah kering, cara enteng itu cenderung tidak bisa lagi digunakan.

Pelapis kulit sintetis dikatakan Henry punya lapisan pelindung yang berguna mempertahankan kilap atau dof dan melindungi dari noda ringan. Tapi pemilik perlu was-was bila kotoran mengandung minyak, misalnya saos, gorengan, atau makanan lain yang jatuh akibat aktivitas penumpang di kabin. Sumber noda lain yang bikin khawatir adalah tinta pulpen.

“Karena dia bisa tembus ke dalam dan itu tidak bisa dibersihkan,” ujar Henry.

Pembersih

Bila noda tergolong berat tapi belum fatal seperti minyak, Henry menyarankan jangan menggunakan pembersih yang mengandung deterjen. Alasannya, deterjen malah bakal merusak lapisan pelindung. Kombinasi air dan sabun saja sudah dirasa cukup kuat untuk kulit sintetis.

“Detergen itu keras, kalau tiner apalagi. Itu menghancurkan, detergen akan menghapus lapisan sintetis. apalagi sampai disikat, itu bukan membersihkan tapi menghancurkan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com