Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi "Hatchback" Non-Jepang dan Harganya

Kompas.com - 22/10/2015, 07:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar mobil di Indonesia yang sangat menggiurkan membuat banyak merek bersaing di segmen gemuk, salah satunya hatchback segmen-B. Buat yang ingin melesat pakai hatchback tapi bosan dengan para ksatria Jepang, banyak pilihan yang bisa menjadi alternatif.

Pemain-pemain Jepang dalam hal ini adalah Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda2, hingga Suzuki Swift. Sementara para punggawa non-Jepang yang bisa dijadikan alternatif mulai Kia Rio, Hyundai Grand Avega, Chevrolet Aveo, hingga Ford Fiesta.

Keempatnya bukan barang baru, namun masih punya keunggulan dan sangat bersaing dengan para merek-merek Jepang dari sisi fitur, apalagi harga. KompasOtomotif akan memberi panduan tentang sedikit keunggulan dan harga dari keempat model alternatif ini.

Kia Rio

Model ini menjadi salah satu yang tersukses setelah Picanto di Indonesia. Desain cantik khas Peter Schreyer membuatnya mampu bersaing secara tampang. Fitur yang dimiliki cukup seimbang dengan merek merek Jepang, termasuk adanya Eco Mode yang membantu pengemudi menghemat BBM selama perjalanan.

Harga baru mobil ini mulai Rp 224 jutaan untuk tipe transmisi manual dan Rp 238 jutaan untuk tipe transmisi otomatik. Ada juga tipe Platinum yang berbanderol Rp 260 jutaan. Versi bekasnya turun drastis, untuk tahun 2014 di pasaran sudah berada di angka Rp 160-180 jutaan. Tahun di bawahnya bisa ditawar hingga Rp 120 juta.

Ford Fiesta

Bisa dibilang, Fiesta adalah hatchback dengan fitur paling lengkap di kelasnya, seperti pada umumnya model-model Ford. Desain dan ”rasa” bak mobil Eropa sangat terasa, apalagi dilengkapi pilihan mesin ecoboost yang efisien dan bertenaga. Mobil ini bisa menjadi alternatif buat yang ingin fitur lebih dan canggih.

Harga baru mulai Rp 227 hingga Rp 248 juta, terbagi atas empat tipe. Untuk pendamba teknologi mesin ecoboost, siapkan dana lebih, harga terendah Rp 274 juta dan Rp 316 juta untuk tipe titanium. Harga bekas juga turun cukup jauh, tahun 2014 di kisaran Rp 150-170 jutaan. Di bawahnya, bisa sampai Rp 120 juta, bahkan bisa di bawah itu untuk tahun 2011 ke bawah.

Hyundai Grand Avega

Pilihan lain untuk penyuka mobil Korea. Mobil ini menjadi salah satu hatchback laris di Amerika Serikat karena harga yang terjangkau dan konsumen mendapat fitur yang cukup baik. Namun dibandingkan dengan Kia Rio yang sesama Korea, model ini tidak lebih populer. Jaringan servis yang masih sedikit menjadi salah satu pertimbangan.

Tapi secara harga, model ini menjadi yang paling terjangkau. Kisarannya berada di Rp 211 juta hingga Rp 232 juta, dibagi menjadi lima tipe. Harga bekasnya juga tergolong lebih murah ketimbang hatchback lain, apalagi untuk tahun 2011 yang tak sampai Ro 120 juta.

Chevrolet Aveo

Untuk yang ingin tampil beda dan jauh dari kesan mainstream, New Aveo bisa jadi pilihan. Mobil ini punya ciri khas lampu depan yang tak dipunyai model lain, yakni bulat-bulat dengan besel merah-hitam di pinggirannya. Sekilas cukup berotot, didukung dengan fitur yang cukup bisa bersaing.

Untuk saat ini, Chevrolet Indonesia tidak menjual Aveo baru. Hal ini bisa dilihat dari price list dealer resmi dan website resmi General Motors Indonesia yang tak lagi mencantumkan harga baru. Namun jika Anda mencari versi bekas, di pasaran dipatok antara Rp 110-130 juta untuk tahun 2013 ke atas.

Volkswagen Polo 1.2

Yang terakhir ini cukup mengejutkan. Dalam ajang GIIAS 2015 lalu, Vokswagen Indonesia meluncurkan Polo terbaru dengan spesifikasi khusus. Harga berada di kisaran Rp 250 jutaan, bisa menjadi alternatif hatchback rasa Eropa yang kental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com