Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jawaban 10 Pertanyaan tentang Rambu Lalu Lintas

Kompas.com - 20/10/2015, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif — Jawaban kuis 10 pertanyaan KompasOtomotif tentang rambu lalu lintas ada di sini. Buat masing-masing yang sudah mencoba menjawab, sekarang setidaknya secara sederhana bisa mengukur batas pengetahuan Anda mengenai rambu lalu lintas.  

Rambu 1. Rambu dengan warna dasar putih, garis tepi merah, dan lambang hitam berarti larangan. Rambu ini biasanya terletak di persimpangan, artinya dilarang belok kanan.

Rambu 2. Sama seperti rambu 1, rambu 2 tergolong larangan. Arti rambu 2 yaitu dilarang memutar balik kendaraan.

Rambu 3. Rambu ini berarti kecepatan maksimum kendaraan dilarang lebih dari 50 kpj. Angka di dalam rambu bisa berbeda tergantung situasi jalan, tetapi intinya angka yang tertera adalah batas atas pelarangan.

Rambu 4. Tergolong rambu batas akhir larangan tertentu, fungsinya menandakan rambu larangan sebelumnya tidak berlaku lagi. Rambu ini spesifik menunjukkan batas akhir larangan kecepatan maksimum 50 kpj. Bisa lebih mudah dipahami dengan mengingat rambu batas akhir larangan seperti versi hitam-putih rambu larangan.

Rambu 5. Artinya, perintah pilihan memasuki salah satu jalur atau lajur yang ditunjuk. Simbol ini adalah rambu perintah yang mempunyai ciri warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih, huruf atau angka putih, dan kata-kata putih.

Rambu 6. Termasuk rambu petunjuk lokasi fasilitas, menunjukkan tempat parkir yang diperbolehkan.  

Rambu 7. Peringatan kondisi permukaan jalan yang licin. Rambu ini termasuk rambu peringatan dengan warna dasar kuning, garis tepi hitam, lambang hitam, dan huruf atau angka hitam.

Rambu 8. Rambu ini bukan berarti peringatan ada sapi di jalan, tetapi memperingati pengguna jalan bahwa ada potensi hewan ternak melintas. Peringatan tentang banyak hewan liar yang melintas memiliki lambang rusa yang meloncat.

Rambu 9. Kalau yang satu ini artinya peringatan terdapat pintu pelintasan kereta api.


Rambu 10
. Hati-hati, jangan sampai arti rambu 10 tertukar dengan rambu 9. Rambu ini artinya peringatan pelintasan kereta api tanpa pintu. Bila menemukan rambu ini, pengemudi wajib ekstrahati-hati karena kereta api bisa lewat tanpa peringatan.

Setiap jawaban yang benar dapat nilai satu poin, seluruh jawaban dan penjelasan lengkap tentang rambu lalu lintas lainnya bisa dilihat di tautan ini. Jika mendapatkan nilai di bawah lima poin, proses kepemilikan surat izin mengemudi (SIM) Anda bisa jadi dipertanyakan.

Kuis rambu-rambu lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com