Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jeep" dan ATV Jelmaan Yamaha V-ixion

Kompas.com - 19/10/2015, 15:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Selain edukasi soal teknologi Blue Core, ada yang jadi pusat perhatian lain saat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berkunjung ke SMK Angkasa Bandung, (13/10/2015) lalu. Sosok mobil kecil mirip tampang Jeep dan ATV yang teronggok di sudut gedung juga menjadi perbincangan hangat.

Dua kendaraan itu adalah karya para siswa SMK Angkasa yang cukup sering tampil di acara publik, misalnya Bandung Air Show (BAS) 2012 dan 2015 lalu. Keduanya dibangun karena pengetahuan dan keterampilan siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang digandeng YIMM sejak 2007.

Prototipe mini Jeep misalnya, bermodal mesin Yamaha V-Ixion 150 cc. Rangka, komponen, dan rangkaian bodi dikembangkan sendiri hingga menjadi bodi Jeep. Kendati demikian, mesin tidak diubah atau dibiarkan standar pabrik. Kekuatannya sudah diuji saat BAS 2015, kala itu prototipe dinaiki delapan orang dan tetap lancar melaju.

Perhatian berpindah ke sebelahnya, yakni kendaraan jenis all-terrain vehicle (ATV) mini yang juga dibangun dari mesin Yamaha V-Ixion. Jantung pacu tersebut adalah hasil donasi dari YIMM, lalu dibuatkan rangka khusus dari pipa tubular.

Peredam kejut di depan pakai dua sokbreker, tapi di belakang cuma satu. Ban besar tipe off-road 8 inci melengkapi bagian kaki, diberi finishing pemasangan rem cakram. Tenaga dan torsi dari mesin diteruskan via rantai menuju roda belakang. Bodi masih mirip sepeda motor, mulai dari tangki, jok, dan lampu depan.

Yamaha Indonesia Edukasi teknologi Blue Core di SMK Angkasa, Bandung.
Edukasi
Dua kendaraan ini diklaim YIMM Sebagai hasil binaan yang dilakukan untuk SMK binaan. Kunjungan perwakilan Yamaha pusat ke SMK Angkasa di Bandung sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap hasil karya yang menggunakan produk Yamaha V-Ixion.

”Ini menjadi kebanggaan besar bagi kami. Kreativitas tinggi seperti ini merupakan bukti kualitas siswa-siswa SMK Angkasa Bandung yang turut mengangkat image positif Yamaha. Kami sekaligus mengadakan edukasi teknologi Blue Core dan test ride Mio M3 sebagai bentuk kerjasama antara Yamaha dan SMK Angkasa,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM.

Ajang ”Yamaha Edukasi Blue Core di SMK Binaan Yamaha” telah dilakukan secara nasional sejak awal 2015 hingga akhir tahun. Aktivitas Campaign Blue Core diisi dengan kegiatan seperti Seminar Blue Core, dimana peserta (siswa dan guru) bisa mengenal teknologi itu lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com