Kompas.com - 15/10/2015, 14:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif -
Sering tidak disadari, panas matahari menyalurkan energinya secara radiasi dalam bentuk cahaya. Di dalamnya, terdapat spektrum elektromagnetik dan spektrum cahaya yang menjabarkan panjang gelombang. Kandungan-kandungan inilah yang banyak diasumsikan cukup berbahaya untuk kesehatan manusia.

"Ada tiga jenis cahaya yang tampak atau tak tampak, dan ketiganya sudah cukup familiar, masing-masing punya dampak untuk kesehatan," kata Nur Laelasari, tenaga pemasar kaca film dalam workshop V-Kool untuk media, di kantor pusat PT V-Kool Indo Lestari, Jl Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Pertama, ultraviolet. Inilah yang menurut Nur Laelasari, akrab disapa Ela, menjadi penyebab mata letih, katarak, kanker kulit, penuaan dini, dan pemudaran warna jika terpapar dalam jangka panjang. "Ini masih dibagi menjadi 3, UV A, B, dan C dengan gelombang cahaya yang berbeda-beda," kata Ela.

Kedua, Visible Light. Ini merupakan satu-satunya bagian dari spektrum cahaya yang tampak oleh mata telanjang. Cahaya ini sangat berguna bagi kehidupan makhluk di bumi, untuk menghemat energi yang dibutuhkan untuk penerangan.

Ketiga, Infra Merah. Gelombangnya di atas 700 nanometer cahaya yang datang dalam bentuk tak tampak. Tidak bisa dilihat, tapi bisa dirasakan. Dampaknya membawa radiasi panas ke bumi.

"Sebisa mungkin, mobil dipasang kaca film yang mampu mereduksi panas infra merah, radiasi ultraviolet semaksimal mungkin. Namun, tetap mempertahankan visible light (cahaya tampak)," jelas Ela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.