Proteksi yang Nyaman dari Grand New Avanza

Kompas.com - 01/10/2015, 14:29 WIB
Grand New Avanza di pintu tol Palimanan, Febri Ardani/KompasOtomotifGrand New Avanza di pintu tol Palimanan,
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Desain baru Grand New Avanza bukan hanya soal gantengnya penampilan. Para insinyur Toyota juga telah memikirkan bagaimana caranya membuat perjalanan pengemudi dan penumpang kian aman serta nyaman.

Arsitektur Avanza kini berubah makin kuat, sebab di bagian pintu kanan-kiri sudah dilengkapi dengan side impact beam. Fungsinya melindungi penumpang dari benturan samping. Perubahan ini patut diapresiasi menilai bagian samping kendaraan jaraknya dekat dengan penumpang dan rentan mencederai bila terjadi tumbukan.

Di kabin, tujuh penumpang mendapat jenis sabuk pengaman 3-titik yang sama. Inilah yang jadi pembeda Grand New Avanza dengan model MPV bawah lain, terdapat satu titik sabuk pengaman di plafon untuk penumpang tengah di jok baris kedua, agar tetap aman. Bukan hanya itu jok juga sudah dilengkapi titik standar international ISOFIX buat pemilik yang ingin memasang jok khusus anak kecil.

Untuk keamanan pengemudi dan penumpang depan, sabuk pengaman punya kelengkapan pretensioner yang bertugas menjaga badan tetap menempel pada jok bila terjadi tabrakan depan. Avanza sekarang akan “cerewet” dengan sinyal cahaya dan suara peringatan bila penumpang depan tidak mengenakan sabuk pengaman. Sesuai standar mobil penumpang Toyota di Indonesia, Avanza punya dual SRS airbag di depan.

Maling sepertinya akan jadi musuh Grand New Avanza, mesin baru berteknologi dual VVT-i tidak akan menyala menggunakan kunci palsu, sebab kunci aslinya punya immobilizer. Jadi, hanya kunci dengan kode tertentu yang bisa dipakai berkendara.

Performa baru Avanza menawarkan rasa jauh berbeda dibanding model sebelumnya. Secara garis besar pengoperasiannya lebih baik, bahkan bisa sampai membuai pengemudi keenakan mengemudi. Berlama-lama mengemudi tidak masalah, Grand New Avanza sudah lebih aman sebab dilengkapi fitur anti-lock braking system (ABS).

Semua fitur yang disebutkan di atas bagian dari konsep major change yang diusung Grand New Avanza dan merupakan spesifikasi standar yang terdapat pada semua tipe. (ADV)

Baca tentang


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X