Pasar Otomotif Boleh Lesu, Jualan Oli Jalan Terus

Kompas.com - 14/09/2015, 15:28 WIB
TMO Lubricants saat diproduksi di fasilitas milik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur. TAMTMO Lubricants saat diproduksi di fasilitas milik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur.
|
EditorAgung Kurniawan

Gresik, KompasOtomotif – Perlambatan ekonomi yang berdampak pada sektor otomotif tak langsung menerpa industri pelumas. Pembelian mobil memang menurun, tapi bukan berarti memicu orang untuk tidak ganti oli. Dua hal ini tidak bisa disamakan karena sifat konsumsinya berbeda.

Hal tersebut diungkapkan Deputy Director Customer First PT Toyota Astra Motor Widyawati Soedigdo di sela kunjungan pabrik Pertamina Lubricants di Gresik, Jumat (11/9/2015). Menurutnya, penjualan Toyota Motor Oil (TMO) Lubricants yang diproduksi Pertamina itu justru ditargetkan naik.

”Jumlah permintaan oli dihitung berdasar jumlah mobil yang bereda. Penjualan oli turun? Belum tentu. Tapi perlambatan kemungkinan terjadi, karena saat ini orang lebih sensitif soal harga. Ini menjadi tugas kami mengedukasi pentingnya merawat mobil,” ujar Widyawati.

Alasan ini membuat TAM tetap menarget tinggi penjualan TMO Lubricant, yakni menjadi 12,5 juta liter hingga akhir 2015. Tahun lalu, penjualan oli standar pabrik (genuine) Toyota itu sudah mencapai 11,3 juta liter.

TAM optimistis target tercapai, mengingat penjualan TMO Lubricant dari Januari hingga Agustus 2015 sudah mencapai lebih dari 9 juta liter.

”Penambahan penjualan akan didukung oleh produk terbaru, yakni TMO Lubricant Full Synthetic 0W-20, merupakan seri tertinggi dari jajaran oli Genuine Toyota. Hampir semua mesin canggih dan baru Toyota bisa menggunakan pelumas ini,” ujar Widyawati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.