Ini Pelajaran ”Stoppie” dan ”Wheelie” untuk Pemula

Kompas.com - 29/08/2015, 18:33 WIB
Rok Bagoros sedang menunjukkan trik melakukan stoppie di depan komunitas Indonesia Duke Owner Community. KompasOtomotif-Donny AprilianandaRok Bagoros sedang menunjukkan trik melakukan stoppie di depan komunitas Indonesia Duke Owner Community.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ingin jadi freestyler atau stunt rider? Siapkan mental dan keseriusan, karena keahlian yang bisa menjadi profesi ini tak bisa dilakukan sambil lalu. Butuh ketekunan untuk menjadi mahir, sama seperti melatih keterampilan lain. Begitulah kata Rok Bagoros, freestyler asal Slovenia yang datang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Sabtu (29/8/2015), di area outdoor JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rok tak hanya menunjukkan keterampilan ”menari-nari” di atas sepeda motor, tetapi juga berbagi pengalaman dan ilmu untuk biker Indonesia, khususnya anggota komunitas. Trik dasar stoppie dan wheelie menjadi menu pembelajaran.

Apa saja triknya? Berikut ringkasan materi yang diberikan Rok kepada komunitas dan KompasOtomotif:

1. Jangan emosi. Saat melakukan dua trik tersebut, lakukanlah sedikit demi sedikit. Jangan seperti kebanyakan orang yang ingin langsung mendapatkan gerakan sempurna. ”Misalnya stoppie, angkat ban mulai dari 5 cm, 10 cm, sampai setinggi yang kita bisa,” kata Rok.

2. Gunakan perlengkapan yang baik. Misalnya sepatu, helm, dan pelindung. Ini akan memberi kepercayaan diri lebih, sekaligus meningkatkan unsur keamanan (safety).

3. Untuk trik wheelie, komponen penting dari sepeda motor adalah kopling, gas, dan rem belakang. Saat akan mengangkat, jangan langsung ditarik dengan tangan. Biarkan tenaga mesin yang mengangkat sambil mengerem belakang sedikit demi sedikit. Semua dilakukan bersamaan dan memang butuh latihan.

4. Saat melakukan stoppie, kecepatan harus cukup (kencang). Rem roda depan sedikit demi sedikit, menyesuaikan gerakan sepeda motor yang mulai terangkat. Tangan dan badan harus kaku, tetapi mengikuti gerakan. Jangan sekali-kali badan yang berusaha mengangkat bodi belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Panaskan ban. Misalnya untuk melakukan stoppie, berarti memanaskan ban depan dulu. Atau kalau wheelie, ban belakang lebih menentukan.

6. Lakukan semua trik itu di area yang lapang. Dilarang melakukannya di jalan raya atau fasilitas umum, kecuali para profesional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.