Kompas.com - 22/08/2015, 10:23 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Industri otomotif nasional setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang signifikan. Beberapa tahun lalu, penjualan kendaraan roda empat selalu menyentuh lebih dari 1,1 juta unit. Sayangnya, perkembangan itu tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang mumpuni.

Seperti yang dikeluhkan oleh sang legenda komedian Indonesia, Indro Warkop. Pria bernama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro bercerita, berkembangnya industri otomotif nasional merupakan suatu hal yang positif. Tapi sayang, pemerintah tidak memikirkan penambahan sarana dan prasarananya.

“Pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia tidak sesuai dengan perkembangan sarana dan prasarananya. Harusnya yang pertama disediakan adalah mengenai penambahan jalan,” tutur Indro di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 8 Mei 1958 silam itu memiliki usulan untuk menekan angka kemacetan di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Menurutnya, cara yang paling tepat adalah menaikan harga dan pajak kendaraan, baik itu roda empat atau dua.

“Kalau menurut saya mahalin harga dan pajak mobil. Misalnya seperti di Singapura, sehingga masyarakat enggan membeli atau menambah kendaraan pribadinya,” kata Indro.

Tapi, Indro melanjutkan, jika menggunakan cara itu, pemerintah harus terlebih dulu memperbaiki sarana transportasi massal, agar masyarakat bisa beralih menggunakan angkutan umum yang layak.

“Kalau alat transportasi masalnya layak, masyarakat juga akan beralih. Itu saran saya,” tutup Indro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.