Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Android Rancangan Mahasiswa Ada di IIMS 2015

Kompas.com - 21/08/2015, 18:12 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Pavilliun Indonesia pada pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 menjadi tempat berkumpulnya produsen mobil nasional. Selain Fin Komodo dan Tawon, ada mobil listrik Android milik mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) ikut meramaikan pameran otomotif IIMS 2015.

Mobil listrik Android ini sistem penggeraknya menggunakan motor listrik dengan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Untuk mengendarai mobil ini, diperlukan sistem operasi Android.

Mahasiswa UII membuatnya seperti mobil balap Formula 1, yang hanya bisa dihuni oleh satu orang saja. Meski masih berbentuk prototipe, mobil listrik Android ini sudah memiliki lima klaim paten nasional.

Hak paten itu didapat dari Pusat Hak Kekayaan Intelektual UII dibidang teknologi sistem kendali. Controller ini merupakan hal yang pinting dalam mobil listrik. Namun, penggunaannya tidak hanya pada mobil listrik, tetapi sangat penting digunakan pada industri elektrik lainnya.

Pantauan KompasOtomotif di Hall B1 IIMS, Jumat (21/8/2015), ada beberapa orang yang berkunjung ke Pavilliun Indonesia untuk melihat empat mobnas yang dipamerkan.

“Respons dari masyarakat cukup baik. Selama dua hari kemarin ada saja yang bertanya-tanya mengenai empat mobnas ini,” ungkap Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi Ibnu Susilo saat ditemui KompasOtomotif di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com