Kompas.com - 21/08/2015, 18:12 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pavilliun Indonesia pada pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 menjadi tempat berkumpulnya produsen mobil nasional. Selain Fin Komodo dan Tawon, ada mobil listrik Android milik mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) ikut meramaikan pameran otomotif IIMS 2015.

Mobil listrik Android ini sistem penggeraknya menggunakan motor listrik dengan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Untuk mengendarai mobil ini, diperlukan sistem operasi Android.

Mahasiswa UII membuatnya seperti mobil balap Formula 1, yang hanya bisa dihuni oleh satu orang saja. Meski masih berbentuk prototipe, mobil listrik Android ini sudah memiliki lima klaim paten nasional.

Hak paten itu didapat dari Pusat Hak Kekayaan Intelektual UII dibidang teknologi sistem kendali. Controller ini merupakan hal yang pinting dalam mobil listrik. Namun, penggunaannya tidak hanya pada mobil listrik, tetapi sangat penting digunakan pada industri elektrik lainnya.

Pantauan KompasOtomotif di Hall B1 IIMS, Jumat (21/8/2015), ada beberapa orang yang berkunjung ke Pavilliun Indonesia untuk melihat empat mobnas yang dipamerkan.

“Respons dari masyarakat cukup baik. Selama dua hari kemarin ada saja yang bertanya-tanya mengenai empat mobnas ini,” ungkap Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi Ibnu Susilo saat ditemui KompasOtomotif di lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.