Kompas.com - 21/08/2015, 17:10 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif — Dominasi merek-merek Jepang di segmen sepeda motor 250 cc dapat perlawanan dari perwakilan Austria, PT KTM Motor Indonesia (KTM Indonesia). Dua model baru KTM, naked 250 Duke dan fairing RC 250 resmi mengaspal dari lantai Indonesia International Motor Show 2015, Jumat (21/8/2015).

Kedua model menggunakan platform model 390 cc KTM, tetapi dibedakan dari sisi fungsional. KTM Indonesia mengatakan, keduanya dikembangkan khusus untuk pasar dalam negeri.
Meski begitu, peluncurannya sudah dilakukan lebih dulu di Jepang dan Malaysia.

"Kami punya partner yang tepat, waktunya juga tepat, dan produknya tepat untuk Indonesia. Jadi, kami ready to race," kata Gianluca Lozzi, General Manager KTM South East Asia, saat peluncuran.

Febri Ardani/KompasOtomotif KTM 250 Duke dan Presiden Direktur KTM Indonesia Kristianto Goenadi.
RC 250 dan 250 Duke menggunakan mesin 1-silinder DOHC 248,8 cc yang sama. Kemampuannya juga serupa, bertenaga 31,1 tk @9.000 rpm dan torsi 24 Nm @7.250 rpm. Dua model baru ini unggul dalam hal rasio tenaga dan bobot, RC 250 seberat 147 kg, sedangkan 250 Duke 139 kg.

Bodi tunggangan balap RC 250 dan street fighter milik 250 Duke dibangun di atas sasis steel trellis. Suspensi depan menggunakan WP-USD 43 mm dan belakang WP-Monoshock. Rem cakram tunggal di depan memiliki empat piston, sedangkan di belakang satu piston.

Harga

KTM RC 250 dijual Rp 74,5 juta untuk menantang Kawasaki Ninja RR Mono dan Honda CBR250R, sedangkan 250 Duke dibanderol Rp 69,7 juta agar bersaing dengan Kawasaki Z 250 SL. KTM Indonesia yakin keduanya bisa mengambil hati para konsumen 250 cc walau label harganya jauh lebih mahal.

"Kita melihat harganya kompetitif. Platform-nya dibuat dari 390 cc jadi berbeda dengan produk-produk lainnya. Harga tersebut kompetiif dari spesifikasi teknis," ujar Kristianto Goenadi, Presiden Direktur KTM Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.