Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS Diharap Tingkatkan Industri Otomotif Lokal

Kompas.com - 19/08/2015, 11:17 WIB


Jakarta,
KompasOtomotif — Generasi muda di Indonesia diharapkan terpacu untuk berkreasi di dunia otomotif dengan adanya perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS). Bukti kreativitas itu sudah tampak melalui sejumlah karya anak bangsa yang dipamerkan pada pergelaran ini.

"Saya lihat di sini ada sepeda motor listrik karya anak-anak ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Ini akan memacu engineer kita bisa memproduksi apa yang akan dipamerkan," ucap Menteri Perindustrian Saleh Husin kepada Otomania saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015). 

Prototipe sepeda motor listrik karya ITS bermitra dengan Garansindo Inter Global  menjadi salah satu andalan pameran kali ini. Meski belum resmi diperkenalkan, rangka sekaligus sistem gerak (drivetrain) sepeda motor ini sudah bisa dilihat dan sempat diperhatikan langsung oleh Menperin.

Istimewa Sosok sketsa skuter listrik karya ITS berkolaborasi dengan Garansindo, calon sepeda motor nasional Indonesia.

 "Kalau bisa produksi kan bagus, pasti kita support," ucap Saleh.


Garansindo dan ITS mulai memperkenalkan dua prototipe sepeda motor listrik hasil kreasi anak bangsa pada IIMS 2015. Kedua prototipe ini digadang-gadang akan menjadi calon sepeda motor lokal berteknologi listrik pertama yang diproduksi massal.

"Hampir seluruh rekayasa industrinya, komponen, desain, pokoknya semuanya merupakan buatan lokal," ujar Chief Operating Officer (COO) Garansindo Rieva Muchsin yang ikut mendampingi Menperin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com