Pemerintah Siap Dukung Sepeda Motor Listrik ITS

Kompas.com - 19/08/2015, 11:15 WIB
Menperin Saleh Husin (tengah) bersama direksi Garansindo tengah melihat karya skuter listrik milik ITS di IIMS 2015, Rabu (19/8/2015). Agung Kurniawan/OtomaniaMenperin Saleh Husin (tengah) bersama direksi Garansindo tengah melihat karya skuter listrik milik ITS di IIMS 2015, Rabu (19/8/2015).
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif
— Menteri Perindustrian Saleh Husin mengharapkan generasi muda Indonesia mampu berkreasi dan bersaing di sektor otomotif, dengan acuan pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS). Kreativitas sudah mulai terlihat lewat beberapa karya anak bangsa yang dipamerkan pada pergelaran ini.

"Saya lihat di sini ada sepeda motor listrik karya anak-anak ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Ini akan memacu engineer kita bisa memproduksi apa yang akan dipamerkan," ujar Saleh Husin kepada KompasOtomotif ketika berjumpa di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015).

Prototipe sepeda motor listrik karya ITS bermitra dengan Garansindo Inter Global menjadi salah satu andalan pameran kali ini. Meski belum resmi diperkenalkan, rangka sekaligus sistem gerak (drivetrain) sepeda motor ini sudah bisa dilihat dan sempat diperhatikan langsung oleh Menperin.

"Kalau bisa produksi kan bagus, pasti kita dukung," ucap Saleh.

Garansindo dan ITS mulai memperkenalkan dua prototipe sepeda motor listrik hasil kreasi anak bangsa pada IIMS 2015. Kedua prototipe ini digadang-gadang akan menjadi calon sepeda motor lokal berteknologi listrik pertama yang diproduksi massal.

"Hampir seluruh rekayasa industrinya, komponen, desain, pokoknya semuanya merupakan buatan lokal," ucap Rieva Muchsin, Chief Operating Officer (COO) Garansindo, yang ikut mendampingi Menperin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X